>Resep Akhir Karier Butt

31 Dec

>
UMUR YANG BERANJAK TUA adalah masalah tersendiri bagi pemain sepak bola. Maklumlah, seiring bertambahnya umur, masa depan karier di lapangan hijau juga memendek. Bagi mereka yang telah berumur 30-an, tak jarang disergap ketakutan saat menghadapi kemungkinan pensiun.

Akan tetapi, ketakutan itu tak berlaku bagi Hans-Jörg Butt. Penjaga gawang gaek FC Bayern München itu sama sekali tak takut menghadapi akhir kariernya yang kian mendekat. Itu berkat dua resep sederhana yang dimilikinya.

Pertama, menurut Butt, hal yang membuat dia tak takut adalah filosofi tetap muda. “Meski sudah ada beberapa uban, aku tetap merasa muda. Aku berada dalam kondisi sangat baik. Jika tidak, aku tentu tak akan bermain untuk Bayern,” ujar kiper berumur 36 tahun itu kepada Bild.

Lain dari itu, Butt juga meniru slogan iklan VW Kodok. “Aku lebih suka membandingkan diriku dengan VW Kodok dengan slogan ‘lari, lari, dan terus berlari.’ Aku sendiri memiliki sebuah mobil kodok Meksiko buatan 2003,” tambah dia.

Kedua, hal yang membuat Butt tak pernah cemas adalah persiapan matang yang dilakukannya jelang akhir karier. Tentu saja berkaitan dengan hal-hal di luar sepak bola. Saat ini, dia tengah dalam proses akhir studi di bidang bisnis dan administrasi. “Aku memang selalu tertarik kepada hal-hal di luar sepak bola,” aku kiper yang mengawali karier profesionalnya bersama Hamburger SV itu.

Terlepas dari dua resep itu, hal yang membuat Butt sangat tenang tentu saja kepastian karier berikutnya. Sejak musim lalu, manajemen Bayern sudah mengumumkan Butt sebagai calon pengganti Werner Kern sebagai koordinator tim junior. Begitu Butt pensiun, jabatan itulah yang akan disandangnya. (Sepp Ginz)

Foto: bleacherreport.com

Leave a Reply

