>Poldi Tak Peduli Ban Kapten

4 Jan

>
DALAM MASA pemusatan latihan 1.FC Köln di Belek (Turki) pada saat ini, satu isu krusial yang berkembang adalah ban kapten. Beberapa waktu lalu, Youssef Mohamad menyatakan siap melepas tanggung jawab sebagai pemimpin tim di lapangan. Rumor yang beredar, pelatih Frank Schaefer akan menunjuk Lukas Podolski sebagai kapten anyar.

Menanggapi hal tersebut, dalam wawancara dengan Kölner Express, Prinz Poldi mengaku tak terlalu berambisi. “Menjadi kapten Köln tentu merupakan kehormatan besar bagiku. Namun, hal terpenting adalah setiap orang mengambil tanggung jawab di lapangan, tak peduli apakah dia memakai ban kapten atau tidak,” ungkap dia.

Itu pula yang ditunjukkan Poldi sepanjang paruh pertama musim ini. Meski tanpa ban kapten, dia selalu menunjukkan komitmen kuat dalam permainan dan sangat komunikatif di lapangan. Bukan hanya kepada rekan-rekan setim, dia pun kerap berbicara kepada wasit.

Sikap itu pula yang membuat Poldi kerap dijuluki The Real Leader of FC Köln. Belakangan, pengakuan datang dari manajemen tim. Saat hendak merekrut Michael Rensing dan Slawomir Peszko, mereka sempat meminta pendapat dari Poldi.

“Aku tentu saja tak berlaku laiknya manajer. Tapi, dalam beberapa kasus, hal itu bisa terjadi. Misalnya Michael Rensing. Aku tahu banyak tentang dia kala di Bayern. Mereka meminta pendapatku soal dia. Begitu pula dengan Slawonir Peszko. Soal kedua pemain itu, aku mengungkapkan pendapatku dan menjelaskan hal-hal yang membuat aku mengapresiasi mereka,” jelas Poldi lagi.

Lalu, apa rahasia di balik keteladanan yang ditunjukkan Poldi sejauh ini? Itu ternyata terletak pada pehamanan soal sejarah Köln. “Aku selalu memandang bahwa kami harus mendapatkan kekuatan dari semangat masa lalu. Setiap orang harus meniru Icke Häßler, Toni Schumacher, Dirk Lottner atau yang lainnya. Mereka selalu berjuang segenap kekuatan demi klub,” pungkas dia. (Sepp Ginz)

Foto: Kölner Express

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: