Dua Makna Gol Tzavellas

13 Mar

EINTRACHT FRANKFURT memang menelan kekalahan 1-2 dari FC Schalke 04, namun itu bukan berarti mereka kehilangan kebanggaan. Setidaknya, ada sebuah prestasi yang dibuat Georgios Tzavellas pada laga itu. Pemain asal Yunani itu mencetak gol spektakuler yang tercatat sebagai gol yang dibuat dari jarak terjauh dalam sejarah Bundesliga 1.

Pada laga itu, Tzavellas menjebol gawang Die Königsblauen dari jarak 73 meter! Dia memecahkan rekor lama milik Klaus Allofs yang dibuat pada 1986. Ketika itu, Allofs yang membela 1.FC Köln menjebol gawang Bayer 04 Leverkusen dari jarak 70 meter.

Hal yang membuat Tzavellas patut berbangga hati, gol itu dicetak ke gawang yang dijaga Manuel Neuer, salah satu kiper terbaik di dunia pada saat ini. Lain dari itu, gol itu juga menghentikan kemandulan Frankfurt yang sebelumnya tak mencetak gol dalam 792 menit.

Predikat gol dari jarak terjauh dan penanda akhir kemandulan Die Adler itu jelas membuat gol Tzavellas memiliki makna sangat spesial. Gol itu akan dikenang banyak orang. Terutama bila keran gol Frankfurt kembali macet atau ada pemain lain yang mencetak gol dari jarak sangat jauh.

Sepanjang sejarah Bundesliga 1, Tzavellas adalah pemain ketujuh yang sanggup mencetak gol dari jarak 50 meter atau lebih. Selain dirinya dan Allofs, lima pemain lainnya adalah Diego Ribas da Cunha (62 meter pada 2007), Alex Alves (52,1 m/2000), Fabian Ernst (52 m/2002), Bernd Schneider (50 m/2001), dan Mike Hanke (50 m/2004). (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: