Bukan Karena Dutt

29 Mar

Transfer Ömer Toprak dari Freiburg ke Leverkusen tak dipengaruhi Robin Dutt. (Foto: Badische Zeitung)

 

BANYAK ORANG yang mengira kepastian Ömer Toprak meninggalkan SC Freiburg dan bergabung ke Bayer 04 Leverkusen pada musim depan sangat dipengaruhi oleh Robin Dutt, sang pelatih. Maklum, sebelumnya, Dutt telah terlebih dahulu memastikan diri memoles Die Werkself menggantikan Jupp Heynckes yang tak memperpanjang kontraknya di BayArena.

Ternyata dugaan banyak orang itu keliru besar. Ada alasan lain yang membuat Toprak bergabung dengan Simon Rolfes cs. Dari kubu Leverkusen terkuak bahwa Chief Executive Wolfgang Holzhauser memang telah lama meminati bek berdarah Turki itu. “Ini sama sekali tak berkaitan dengan Robin Dutt. Kami telah memantaunya sejak lama. Namun, dia kemudian cedera. Kini, dia telah kembali menunjukkan performa apik,” aku Holzhauser.

Sementara dari kubu Freiburg, Direktur Olahraga Dirk Dufner mengakui alasannya adalah uang. Mengingat Toprak tak mau memperpanjang kontraknya yang akan habis pada 2012, manajemen Die Breisgauer jelas tak ingin rugia dua kali. Jika dipertahankan hingga 2012, mereka akan kehilangan Toprak dan tak bisa mendapatkan uang transfer.

“Sudah menjadi filosofi kami bahwa harus ada kompensasi ketika pemain didikan kami pergi ke klub lain,” jelas Dufner kepada Badische Zeitung. “Memang masih terbuka kemungkinan Ömer baru pergi pada 2012, tapi kami dipastikan bakal tetap mendapat kompensasi itu.”

Lebih lanjut, Dufner mempertegas pernyataan Holzhauser soal tak adanya kaitan Toprak dengan Dutt. “Perlu dicatat, Robin Dutt justru telah berjuang keras membujuk Ömer untuk memperpanjang kontrak dengan klub ini,” terang dia.

Bagi Leverkusen, tenaga Toprak yang masih berumur 22 tahun itu memang sangat dibutuhkan. Maklum, jantung pertahanan mereka dihuni pemain karatan, yakni Manuel Friedrich (31 tahun) dan Sami Hyypiä (37 tahun). Toprak sendiri diperkirakan tak bakal kesulitan beradaptasi karena sudah mengenal Stefan Reinartz dan Lars Bender saat bersama-sama membawa timnas Jerman menjuarai Piala Eropa U-19 pada 2008. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: