Belajar Setia dari Raul

31 Mar
Raul Gonzalez akan bertahan hingga 2012 meski Schalke ditinggal Magath. (Foto: www.westline.de)

Raul Gonzalez akan bertahan hingga 2012 meski Schalke ditinggal Magath. (Foto: http://www.westline.de)

AKHIR-AKHIR INI, ada fenomena menarik di sepak bola. Pemain dan agennya seperti paling berkuasa, sementara posisi klub terlihat melemah. Tengok saja Demba Ba, Ruud van Nistelrooy, dan Jefferson Farfan yang merengek untuk hengkang dari klub masing-masing sejak awal musim ini. Ba pada akhirnya benar-benar pergi saat bursa transfer musim dingin lalu. Dia menyeberang dari TSG 1899 Hoffenheim ke West Ham United.

Akan tetapi, tren tersebut rupanya tak menghinggapi pemain senior Raul Gonzalez. Dia tetap menjunjung tinggi kesetiaan kepada klubnya. Seperti kepada Real Madrid yang sangat dicintainya, striker berumur 33 tahun itu menghormati kontraknya dengan FC Schalke 04. Prestasi tim yang jeblok dan kepergian pelatih Felix Magath tak membuat dia berpikir untuk memutuskan kontrak sebelum deadline tiba.

“Aku tidak menandatangi kontrak dengan Felix Magath, namun dengan Schalke. Aku akan bertahan hingga 2012. Tentu saja itu jika klub memang masih menginginkanku,” ungkap dia kepada Sport Bild. “Kepada Magath, aku tentu saja sangat berterima kasih karena dia telah begitu memercayaiku delapan bulan silam.”

Ikrar setia itu tentu saja membuat pelatih baru Schalke, Ralf Rangnick, senang. Pasalnya, dia memang memproyeksikan Raul sebagai salah satu inti kekuatan timnya. “Raul adalah pemain yang sangat hebat. Namun, tentu saja para pemain lain harus mendukung dia di lapangan,” ujar eks pelatih Hoffenheim itu.

Menilik performa Raul sejak bergabung pada awal musim ini, Die Königsblauen memang pantas berharap banyak. Eks striker timnas Spanyol itu tetap menunjukkan ketajamannya meski sepanjang musim lalu sudah sangat jarang membela Madrid. Itu pula yang membuat banyak pihak menilai ikon El Real itu sudah habis.

Berbekal performa apik itu pula, sangat dipastikan Raul akan dengan mudah mendapatkan klub baru jika dia menghendaki. Namun, dia tidak memilih opsi itu. Baginya, kesetiaan kepada klub adalah bagian dari profesionalitas yang harus dijunjung tinggi. Sungguh sebuah sikap yang sepertinya harus direnungi oleh para pemain macam Ba, Van Nistelrooy, dan Farfan. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: