Demo Gara-gara Sponsor

27 Apr
Sejumlah fans dan aktivis berdemo di markas Nürnberg. (Foto: gruppen.greenpeace.de)

Sejumlah fans dan aktivis lingkungan berdemo di markas Nürnberg. (Foto: gruppen.greenpeace.de)

HATI-HATILAH dalam memilih. Mungkin itulah pelajaran yang bisa dipetik dari kasus yang tengah dihadapi 1.FC Nürnberg. Sejak tengah pekan lalu, beberapa fans fanatik melancarkan protes keras karena sponsor utama klub itu, Areva. Mereka meminta manajemen mengganti sang sponsor yang menyetor uang 3 juta euro per tahun itu.

Protes keras itu dilakukan karena Areva adalah perusahaan energi yang bergerak di bidang nuklir. Para fans menunjukkan ketidaksetujuan setelah menyaksikan kebocoran reaktor nuklir di Fukushima akibat gempa bumi yang kini mengancam lingkungan.

“Setelah melihat apa yang terjadi di Fukushima, inilah saatnya bagi kami untuk bertindak. Kami sadar, sangat sulit memutuskan kontrak yang masih berjalan. Tapi, kami berharap setidaknya kerja sama itu tak diperpanjang,” ucap Sascha Knchel, salah seorang fans Der Club.

Secara pribadi, Knchel mengaku telah lama memprotes keras putusan klub yang dipujanya selama tiga dekade itu. Salah satu bentuknya, sejak Areva menjadi sponsor utama, dia memutuskan tak menonton aksi Nürnberg di stadion dan tak lagi membeli replika kostum klub itu. Menurut dia, kesepakatan dengan perusahaan nuklir telah mengotori citra klub.

“Saya adalah suporter fanatik Nürnberg, namun sangat anti terhadap nuklir. Klub ini telah kehilangan akal sehat. Mau-maunya mereka menerima uang dari perusahaan yang ditolak oleh setidaknya setengah dari jumlah rakyat Jerman,” terang Knchel lagi.

Knchel dan rekan-rekannya melakukan aksi protes dengan didukung beberapa lembaga lain. Di antaranya tentu saja Greenpeace. Selain lembaga pemerhati lingkungan dunia itu, Knchel cs juga berkolaborasi dengan International Physicians for Prevention of Nuclear War (IPPNW) dan aliansi untuk hak-hak asasi manusia.

Sejauh ini, manajemen Nürnberg belum memberikan pernyataan resmi menyangkut tuntutan tersebut. Indikasinya, mereka memang enggan memutus kontrak yang akan habis pada akhir musim 2011-12. Meski demikian, sangat mungkin demonstrasi yang dilakukan para fans dan penggiat lingkungan akan menjadi pertimbangan dalam menentukan berlanjut atau tidaknya kerja sama dengan Areva. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: