Jonker Tak Merasa Terpinggirkan

25 May
Andries Jonker

Andries Jonker sudah terbiasa pindah dari tim besar ke tim kecil. (Foto: http://www.spox.com)

TERBILANG SUKSES namun tak mendapatkan apresiasi jelas sangat menyesakkan. Hal itulah yang sepertinya berlaku pada Andries Jonker. Membawa Bayern ke posisi ketiga Bundesliga 1 lewat lima laga tanpa terkalahkan, dia malah “didegradasi”. Jangankan dipercaya melanjutkan tugasnya, dikembalikan ke posisi asisten pelatih pun tidak. Pria asal Belanda itu malah ditugasi menangani tim amatir Bayern di Regionalliga!

Bagi banyak orang, fakta itu tak mengenakkan. Jika berada di posisi Jonker, beberapa orang sangat mungkin bakal buru-buru membatalkan kesepakatan menjadi pelatih Bayern Amatir yang memang telah tercapai beberapa bulan sebelum musim berakhir. Namun, Jonker ternyata tidak begitu. Baginya, menangani pemain-pemain muda adalah tantangan tersendiri.

“Saya punya kontrak dengan Bayern dan merasa tak sepatutnya membatalkan hal itu,” ungkap Jonker kepada RTV Noord-Holland. “Lagi pula, itu bukan sesuatu yang aneh. Saya sudah sering mengalaminya sepanjang berkarier. Dari Volendam ke tim junior Belanda, dari Barcelona ke MVV Maastricht, kini dari Bayern I ke Bayern II. Pada masa-masa lalu, saya mampu melewatinya dengan baik.”

Putusan menerima tawaran Bayern menjadi pelatih sementara dalam lima laga yang dilanjutkan dengan kontrak sebagai pelatih Bayern II juga ternyata tak lepas dari restu Louis van Gaal, orang yang membawanya ke Bayern pada musim lalu.

“Atas hasil yang kami dapatkan, dia mengucapkan selamat,” papar Jonker lagi. “Sebelumnya, dia pun berkata, ‘Jika ada di posisimu, saya juga akan melakukan hal yang sama.’ Kata-kata itu sangat penting bagi saya dan menjadi dasar untuk menerima tawaran dari manajemen.” (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: