Hummels Tetap Waspadai Leverkusen

29 May
Mats Hummels waspadai kehadiran André Schürrle di Bayer Leverkusen. (Foto: www.kicker.de)

Mats Hummels waspadai kehadiran André Schürrle di Bayer Leverkusen. (Foto: http://www.kicker.de)

DITINGGAL PELATIH Jupp Heynckes dan asistennya, Peter Hermann, ke FC Bayern München tak akan membuat kekuatan Bayer 04 Leverkusen berkurang. Setidaknya, itulah yang diyakini bek Borussia Dortmund, Mats Hummels. Dia tetap melihat Die Werkself sebagai penantang utama Dortmund musim depan. Faktornya adalah kedatangan striker André Schürrle.

“Musim depan tentu akan sulit. Bayern München akan jauh lebih baik setelah mengalami bulan-bulan yang buruk. Tapi, Leverkusen juga perlu diwaspadai. Mereka punya André Schürrle. Dia adalah pemain yang luar biasa,” ungkap Hummels dalam wawancara dengan Kölner Exspress.

Meski begitu, bek tengah yang bisa juga beroperasi di gelandang bertahan itu sangat yakin Die Schwarzgelben bisa mempertahankan trofi juara walau telah ditinggalkan salah satu pemain pentingnya, Nuri Sahin. “Simpel saja, itu karena kami ingin mempertahankan apa yang telah dicapai,” ucap Hummels. “Kami hanya perlu membuktikan diri mampu terus bermain di level yang sama.”

Tentu saja mempertahankan prestasi dan cara bermain seperti musim 2010-11 tidak akan gampang. Hummels sadar betul akan hal itu. Selain perbaikan yang dilakukan para rival, dia melihat ada sesuatu yang harus dijadikan pelajaran penting dari perjalanan musim lalu. “Pada putaran pertama, kami berhasil mengemas 43 poin. Tapi, putaran berikutnya hanya menuai 32 angka. Itu menunjukkan lawan-lawan sudah mulai mengadaptasi permainan kami,” tutur dia.

Di samping itu semua, hal yang juga wajib diantisipasi adalah soal konsentrasi. Musim lalu, mereka bisa sangat fokus di Bundesliga 1 karena tersingkir lebih cepat di Europa League dan DFB Pokal. Musim depan, bagaimanapun, mereka dipastikan tak ingin tersingkir lebih awal di kompetisi lain, terutama Liga Champions. Bukan apa-apa, mereka sudah lama tak berlaga di sana. Lain dari itu, Liga Champions adalah ladang uang yang menggiurkan. So, seperti kata Hummels, musim depan tetap tak bisa dipandang enteng. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: