Jurus Baru Oenning

29 May
Demi menciptakan semangat kebersamaaan, Michael Oenning akan membuat ruang hiburan bagi para pemain. (Foto: www.mopo.de)

Demi menciptakan semangat kebersamaaan, Michael Oenning akan membuat ruang hiburan bagi para pemain. (Foto: http://www.mopo.de)

LANGKAH-LANGKAH serius terus disiapkan Michael Oenning guna mempersiapkan skuad Hamburger SV untuk mengarungi kompetisi musim depan. Selain berencana mengembalikan Gojko Kacar dari bek tengah ke gelandang, dia juga menyiapkan rencana untuk menambah kohesi di dalam timnya.

Ada dua langkah yang disiapkan eks pelatih 1.FC Nürnberg itu. Pertama, Hamburg akan menyewa jasa pelatih mental. Langkah itu terbukti ampuh di beberapa tim macam Hannover 96 dan 1.FC Köln. Kedua, menyiapkan perubahan di markas klub. Salah satunya, membuat ruang khusus untuk bersenang-senang.

“Selain membenahi ruang kebugaran, kami akan membuat ruang permainan. Di sana akan disediakan peralatan tenis meja, table football, TV, Playstation, internet, dan musik. Di sana, para pemain bisa merasa relaks dan nyaman, sesuatu yang tak tercipta pada musim lalu,” jelas Oenning.

Keberadaan tempat permainan itu tentu saja diharapkan membuat para pemain lebih betah berada di markas klub dan bersama-sama lebih lama satu sama lain. Kebersamaan itulah yang diharapkan bisa membangkitkan semangat tinggi di dada para pemain sehingga mereka akan lebih solid kala berlaga di lapangan.

Langkah Oenning ini sebenarnya bukan hal baru di Bundesliga 1. Pada musim 2008-09, Jürgen Klinsmann pernah melakukan hal serupa. Sayangnya, hal itu tak berkorelasi positif dengan hasil di lapangan. Gara-gara itu pula, dia akhirnya didepak manajemen Bayern München jelang musim berakhir.

Sudah barang tentu, segenap pendukung setia Hamburg tak berharap hal itu terjadi pada Oenning. Mereka tentunya berharap jajaran teras klub yang baru bisa menghadirkan kejayaan seperti pada dekade 1980-an. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: