Jerman Tak Mau Seperti Spanyol

6 Jun
Jerman vs Spanyol

Meski kalah, performa saat semifinal Piala Dunia 2010 membuat Joachim Löw yakin Jerman punya potensi besar untuk mengalahkan Spanyol. (Foto: http://www.focus.de)

ALIRAN BOLA yang lancar dan mulus adalah ciri khas permainan Barcelona dan timnas Spanyol. Berkat gaya main itu, baik barcelona maupun timnas Spanyol mendapatkan pujian dari banyak pihak. Tak sedikit yang menjadikan kedua tim itu sebagai rujukan. Namun, itu tidak berlaku bagi Joachim Löw, pelatih timnas Jerman.

Meski mengagumi permainan indah ala Spanyol, Löw mengaku tak tergiur menduplikasi hal itu ke timnya. Hal itu diungkapkan dalam wawancara dengan Kölner Express. “Saya tak ingin menerapkan itu. Di Piala Dunia 2010, kami telah memperlihatkan standar permainan yang berbeda. Kami memenangkan bola untuk kemudian menyerang dengan cepat,” jelas dia.

Lebih jauh, pelatih berumur 51 tahun itu yakin Der Panzer bisa menekuk la Furia Roja. Menurut dia, timnya sudah menunjukkan potensi itu dalam dua pertemuan terakhir yang sama-sama hanya dimenangi Spanyol dengan skor sangat tipis, 1-0.

“Kami menilai performa kami di semifinal Piala Dunia 2010 tidaklah bagus. Demikian pula dengan final Piala Eropa 2008 walaupun kami dicap pengecut oleh beberapa pihak. Kami sanggup merancang permainan yang membuat Spanyol kesulitan mendapat peluang mencetak gol,” jelas Löw.

Performa Jerman saat menghadapi Spanyol, menurut Löw, adalah pembeda yang sangat jelas jika dibandingkan dengan tim-tim lain. Lalu, bagaimana cara efektif untuk menaklukkan Spanyol? Menurut Löw, ada dua hal yang harus diperhatikan. Pertama, mencetak gol lebih dulu. Kedua, lebih efektif dalam menyerang. “Saya sangat penasaran apa jadinya bila kami bisa unggul lebih dahulu saat menghadapi Spanyol,” pungkas dia. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: