Löw Akan Terus Bereksperimen

12 Jun
Gotze-Bender-Schurrle-Hummels

Enam bulan ke depan, Mario Götze, Sven Bender, Andre Schürrle, dan Mats Hummels berpeluang menambah jam terbangnya di timnas Jerman. (Foto: zuqaqipu.tumblr.com)

TINGGAL SELANGKAH lagi untuk memastikan berlaga di Euro 2012 Polandia/Ukraina tak lantas membuat Joachim Löw puas dan memastikan 23 pemain yang akan masuk ke skuad timnas Jerman. Dia mengisyaratkan bakal terus mencoba pemain-pemain baru.

“Enam bulan ke depan akan saya gunakan sebagai masa untuk melanjutkan eksperimen. Tentu saja untuk tulang punggung tidak berubah. Pemain-pemain macam Mertesacker, Lahm, Schweinsteiger, Podolski, dan Klose selama bertahun-tahun menunjukkan soliditasnya. Selain itu, ada juga Özil, Khedira, Neuer, Müller, dan tentu saja Gomez,” urai Löw kepada Bild.

Dalam pandangan eks pelatih VfB Stuttgart itu, penentuan skuad tetap saja harus dilakukan saat Euro sudah sangat dekat. “Empat pekan sebelum Euro adalah masa yang paling menentukan untuk memperebutkan tempat,” ujar dia.

Itu artinya, sangat mungkin Löw bakal terus mencoba pemain-pemain baru seiring terus bermunculannya bintang-bintang muda di Bundesliga 1. Peluang para youngster macam Mats Hummels, Marcel Schmelzer, Mario Götze, Sven Bender, dan Andre Schürrle bermain lebih sering di timnas pun terbuka lebar.

Sementara itu, menyangkut posisi kapten Philipp Lahm, Löw mengaku putusannya akan sangat tergantung putusan pelatih anyar FC Bayern München, Jupp Heynckes. Artinya, Lahm akan dimainkan di posisi yang sama dengan di klubnya.

“Saya akan berbicara dengan Jupp Heynckes, posisi apa yang disiapkannya untuk Philipp. Sangat mungkin saya menyesuaikan diri dengan putusannya. Itu demi Philipp sendiri. Dia pernah bilang hanya bisa tampil maksimal bila bermain secara tetap di satu posisi. Jika musim depan dia bermain 45 kali bersama Bayern di bek kiri, tentu tak akan baik bila saya memasang dia di bek kanan saat membela timnas,” papar dia.

Belakangan, posisi Lahm memang menjadi topik hangat. Sebabnya, ada indikasi dia kembali bermain sebagai bek kiri mulai musim depan. Apalagi setelah Bayern mendapatkan Rafinha yang berposisi sebagai bek kanan. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: