Tantangan Berat Hoffenheim

20 Jun
Boris Vukcevic

Jelang musim baru, banyak masalah yang menghantam manajemen klub tempat Boris Vukcevic cs bernaung.

MUSIM BARU selalu berarti tantangan baru. Kadarnya tentu saja berbeda-beda tergantung kondisi tim masing-masing. Untuk kali ini, tantangan besar dihadapi TSG Hoffenheim 1899. Setidaknya ada dua masalah pelik yang dihadapi jelang bergulirnya musim 2011-12. Itu adalah penurunan jumlah pemegang tiket terusan dan belum adanya sponsor utama.

Berdasarkan Chief Executive Jochen A. Rotthaus, hingga akhir pekan kemarin masih ada 1.000 lembar tiket terusan yang belum terjual. Padahal, saat mereka promosi ke Bundesliga 1 untuk kali pertaam sepanjang sejarah pada 2008-09, antrean peminat tiket terusan berlangsung hingga malam hari. Saat itu, ada 20.000 orang yang membeli tiket terusan.

“Penjualan tiket terusan kian sulit saja karena banyak faktor,” ujar Rotthaus. Hal itu diperkuat sejawatnya, Frank Biel, “Karena prestasi tim yang tidak baik, terutama pada paruh kedua musim lalu, situasinya berubah. Ada 1.500 orang yang mengembalikan tiket terusan. Untungnya, ada 8.000 orang lagi yang membelinya.”

Ironisnya, pergantian pelatih yang terjadi pada akhir musim ternyata tak sanggup mengembalikan optimisme para fans. Guna menarik kembali minat, harga tiket terusan diputuskan tidak naik. Selain itu, mereka juga masih berharap pada gerakan pelatih Holger Stanislawski. Maklum, eks pelatih St. Pauli itu dikenal sebagai figur yang populer dan bisa mendekatkan diri dengan para fans.

Sementara itu, menyangkut sponsor anyar, menurut Rotthaus, perburuan masih berlangsung. Namun, titik terang belum terlihat. Jikapun ada yang sudah tertarik, itu adalah rumah judi Betfair. Sialnya, regulasi hukum di Jerman agak ketat soal ini. Alhasil, Hoffe pun tak mau gegabah. “Kami tak mau sponsor hanya terpasang dua pekan karena adanya putusan pengadilan,” ujar Rotthaus.

Proses pencarian agak sulit karena faktor ketidakpastian ekonomi di Eropa. Meski begitu, Rotthaus optimistis pihaknya akan mendapatkan partner anyar sebelum kick off musim 2011-12. Satu hal yang pasti, mengingat Hoffe hanyalah klub kecil, jumlah uang dari kesepakatan itu tentunya bakal sangat jauh jika dibandingkan dengan FC Schalke 04 atau FC Bayern München. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: