Sinyal Kuning Untuk Bibi

22 Jun
Bibiana Steinhaus

Di tengah dukungan yang mengalir deras, Bibiana Steinhaus dikabarkan bakal urung dipromosikan ke Bundesliga 1. (Foto: http://www.focus.de)

SEJARAH BESAR sepertinya bakal urung ditorehkan Bibiana Steinhaus. Impian menjadi perempuan pengadil pertama yang memimpin laga Bundesliga 1 harus dikubur, setidaknya untuk sementara. Kantor berita Sport-Informations-Dienst (SID), Selasa (21/6) melansir kabar bahwa komisi wasit dan DFB tak akan mempromosikan perempuan berumur 32 tahun itu.

Berdasarkan SID yang mendapat bocoran dari sumber rahasia, performa perempuan yang biasa dipanggil Bibi itu dianggap tidak terlalu istimewa. DFB dan komisi wasit menilai Bibiana belum memenuhi syarat untuk memimpin laga di Bundsliga 1. Sinyal kuning juga sudah diberikan Chief Executive DFL Christian Seifert saat megumumkan jadwal Bundesliga 1 musim 2010-11. Saat itu, dia menegaskan, tak ada kuota khusus untuk perempuan. Penunjukan wasit hanya akan didasarkan performa.

“Akan ada proposal dari komisi wasit. Jujur saja, saya tak peduli soal gender wasit di Bundesliga 1. Jika ada perempuan yang pantas, itu tentu akan sangat baik. Satu hal yang paling penting, dia harus bisa memimpin pertandingan dengan baik,” ujar Seifert menyinggung salah satu agenda rapat DFB yang akan dilaksanakan pada Jumat (24/6) mendatang.

Seifert memang tidak secara jelas menyebutkan tertutupnya peluang Bibiana, namun ucapannya tetap saja mengindikasikan hal itu. Apalagi Ketua Komisi Wasit DFB, Herbert Fandel, juga agak resisten terhadap promosi Bibiana ke Bundesliga 1. Padahal, dialah yang memegang kartu as. Dalam rapat Jumat nanti, dia akan mengajukan tiga nama wasit baru untuk setiap jenjang liga profesional.

Sebelumnya, dukungan terhadap Bibiana mengalir deras. Para tokoh sepak bola wanita Jerman menyuarakan kepantasan Bibiana menorehkan sejarah baru di sepak bola Jerman. Wakil Presiden DFB yang mengurusi sepak bola wanita, Hannelore Ratzenburg, dan Ketua Penyelenggara Piala Dunia Wanita 2011 Steffi Jones adalah yang terdepan. Steffi bahkan dengan lantang berkata, “Bibiana Steinhaus 100 persen pantas mendapatkan promosi ke Bundesliga 1. Waktunya pun sangat tepat karena dia akan memimpin di Bundesliga 1 untuk kali pertama setelah bertugas di Piala Dunia (Wanita).”

Terlepas dari kabar yang dilansir SID dan sinyal kuning dari Seifert, penentuan nasib Bibi tetap akan dilakukan pada Jumat nanti. Siapa tahu kenyataannya justru berbeda. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: