Hamburg Tak Perlu Ke Eropa

24 Jun
Jose Paolo Guerrero

Musim depan, Jose Paolo Guerrero cs tak diwajibkan finis di zona Eropa. Namun, pada 2013-14 mereka harus meraih tiket ke Liga Champions. (Foto: http://www.torwart.de)

TARGET TINGGI dicanangkan setiap klub saat memasuki musim baru. Namun, tidak demikian dengan Hamburger SV. Sesuai penuturan Chairman Carl Edgar Jarchow, pada musim depan, pasukan Michael Oenning tak perlu ngotot untuk meraih tiket ke kancah antarklub Eropa.

Jangan salah, itu bukan berarti Jarchow tak ingin berprestasi tinggi. Sebagai chairman, dia tentu ingin melihat Heiko Westermann cs berprestasi apik. Namun, dia menekankan unsur kesabaran. Secara khusus, dia sudah menyusun target jangka menengah bagi Die Rothosen. Nah, untuk musim depan, meletakkan fondasi adalah hal utama.

Ada tiga fase dalam rencana besar Jarchow. Pertama, musim depan, Westermann dkk hanya perlu berada di papan tengah Menurut dia, masuk ke zona Liga Champions bukanlah kewajiban yang harus dipenuhi.

Musim berikutnya, Hamburg memasuki fase kedua. Pada masa ini, lolos ke Eropa menjadi harga mutlak. “Jika kami mampu meraih target pada musim pertama, itu akan jadi fondasi yang bagus untuk bisa menembus ke 6-besar. Bahkan, mungkin juga berpartisipasi di Liga Champions,” jelas Jarchow.

Nah, yang paling krusial tentu saja musim 2013-14. Pada fase ketiga itu, Jarchow mengidamkan Hamburg kembali ke khitahnya sebagai klub papan atas di Bundesliga 1 seperti pada 1980-an. “Akan sangat ideal bila kami bisa berada di 4-besar pada musim ketiga. Sangat penting bagi kami untuk berada di sana!” tegas politisi FDP itu.

Jika ditelaah, secara tidak langsung, Jarchow menargetkan Hamburg merebut tiket ke Liga Champions pada akhir musim 2013-14. Pasalnya, jatah Jerman ke Liga Champions musim itu diperkirakan masih akan empat tim. Seperti diketahui, sesuai koefisien UEFA, jatah Jerman ke Liga Champions bertambah dari tiga menjadi empat pada musim 2012-13. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: