Schmelzer Berutang Kepada Dua Sosok

25 Jun
Marcel Schmelzer

Selain kepada Jürgen Klopp, Marcel Schmelzer mengaku berutang jasa juga kepada Heiko Herrlich. (Foto: http://www.recklinghaeuser-zeitung.de)

MELESAT CEPAT bak meteor. Itulah Marcel Schmelzer. Dua musim menghuni tim inti Borussia Dortmund, dia mampu memikat hati pelatih timnas Jerman, Joachim Löw, dan merengkuh gelar juara Bundesliga 1. Dia pun dipandang sebagai salah satu bek kiri terbaik Jerman saat ini.

Mengenai kiprahnya itu, Schmelzer menyatakan sangat berutang kepada dua sosok. Satu sosok tentu saja Jürgen Klopp yang menarik dia dari Borussia Dortmund II ke tim utama pada musim 2008-09. “Aku berutang sangat banyak, lebih banyak dari utang kepada siapa pun, kepada Klopp. Dialah yang membawaku ke tim profesional dan memberiku kesempatan unjuk kemampuan,” ungkap Schmelzer kepada Sport1.

Lalu, siapa sosok kedua yang berpengaruh besar dalam karier Schmelzer? Dia adalah Heiko Herrlich. Eks pelatih timnas U-17 dan U-19 Jerman itulah yang mengasah bakatnya sebagai fullback kiri. “Saat di Magdeburg, aku adalah gelandang kiri. Nah, ketika bergabung dengan Dortmund pada umur 17 tahun, aku bermain dalam formasi 4-3-3. Awalnya aku menempati posisi penyerang kiri, namun Herrlich kemudian menggeserku ke bek sayap kiri,” kisah Schmelzer.

Lain dari itu, menurut pemain berumur 23 tahun itu, Herrlich juga punya peran besar lainnya. “Dialah yang menempa kepercayaan diriku. Lalu, dari dia juga aku belajar banyak hal tentang manusia dan kehidupan,” ujar dia lagi.

Sementara itu, menyangkut sosok idola, dia menyebut tiga pemain. Mereka adalah Dede, Roberto Carlos, dan Philipp Lahm. Dari ketiga sosok itulah dia mengambil banyak inspirasi untuk menjadi bek kiri andal. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: