Arnesen Puji Bundesliga

26 Jun
Frank Arnesen

Kecermatan klub-klub Bundesliga mengelola bisnis sepak bola membuat Frank Arnesen terkagum-kagum. (Foto: http://www.politiken.dk)

BEBERAPA TAHUN belakangan ini, Bundesliga 1 menjelma menjadi kompetisi yang sangat menarik dan menguntungkan dari kacamata bisnis. Walaupun belum menjadi kiblat sepak bola Eropa, Bundesliga 1 menunjukkan cara pengelolaan kompetisi dan klub-klub dengan baik. Hasilnya, tengok saja gelombang pemain muda di timnas Jerman.

Itulah inti pujian yang dilontarkan direktur olahraga baru Hamburger SV, Frank Arnesen. “Klub-klub Jerman itu realistis dan sangat mengedepankan pengelolaan bisnis secara sehat. Itu sebabnya mereka tak terkena masalah-masalah finansial yang besar dan fatal,” ungkap dia seperti dikuti Sport1.

Menurut pria asal Denmark tersebut, sikap realistis itu sangat membantu klub-klub dalam menghadapi krisis ekonomi yang melanda dunia dan berpengaruh besar pada pengelolaan klub-klub sepak bola. “Bundesliga berjalan dengan sangat baik dalam beberapa tahun terakhir dan mampu beradaptasi dengan krisis global lewat pengalihan fokus pada pengorbitan pemain-pemain berbakat,” kata dia. ”Di Italia, pemain berumur 24 tahun masih disebut pemain muda. Di Jerman, pemain muda adalah mereka yang berumur 20 tahun.”

Pujian Arnesen tentu tidak sembarangan. Dia tahu persis dinamika kompetisi dan klub-klub di negara lain. Maklum, dia sempat lama berkiprah di Eredivisie dan Premier League. Di Eredivisie, dia sepuluh tahun menjabat Direktur Olahraga PSV Eindhoven. Sementara di Premier League, dia sempat berkiprah bersama Tottenham Hotspur dan Chelsea. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: