Köln Juara Web 2.0

2 Aug
1.FC Koeln

Meski dalam dua dekade terakhir tak pernah berprestasi apik, 1.FC Kölnternyata sangat memerhatikan interaksi dengan para fansnya lewat pelbagai channel web 2.0. (Foto: http://www.sportschau.de)

PRESTASI DI LAPANGAN boleh biasa-biasa saja, namun tidak di bidang lain. Begitulah 1.FC Köln. Selama dua dekade terakhir tak pernah berada di top half, Die Geißbocke tetap bisa berbangga diri pada saat ini. Pasalnya, berdasarkan penelitian Agensi Public Relations Lewis, Köln adalah klub Bundesliga dengan eksistensi di web 2.0 terbaik. Itu artinya, Köln sangat memerhatikan interaksi dengan para fansnya di dunia maya.

Berdasarkan penelitian terhadap pelbagai channel web 2.0 macam Facebook, Twitter, YouTube, plus penelaahan terhadap RSS feeds, newsletters, dan area pers, Köln ternyata paling eksis. Eksistensi itu sendiri dinilai dari jumlah fans, follower dan klik, konsistensi dan kecepatan update, integrasi dengan situs resmi, dan kemudahan akses oleh pengguna.

Di belakang Köln berturut-turut adalah Borussia Dortmund dan Hamburger SV. Sementara itu, FC Bayern München hanya berada di peringkat ke-11 dan Bayer Leverkusen dua tingkat di bawahnya. Lalu, siapakah yang berada di posisi terakhir? Di antara 18 klub Bundesliga 1, FC Schalke 04 adalah yang berada di posisi juru kunci. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: