Teladan Ben-Hatira

3 Aug
Änis Ben-Hatira

Berbeda dengan Franck Ribéry, Änis Ben-Hatira selalu berusaha menunaikan ibadah puasa secara penuh sepanjang Ramadan. (Foto: http://www.theborneopost.com)

BULAN RAMADAN adalah masa sulit nan dilematis bagi para pesepak bola di Eropa yang menganut agama Islam. Apalagi Ramadan kali ini bertepatan dengan bergulirnya musim baru. Banyak di antara para pemain yang akhirnya menyerah dengan tidak berpuasa. Para pemain macam Omer Toprak, Tunay Torun, dan Franck Ribéry mengakui hal itu. Mereka berusaha berpuasa, namun biasanya tak melakukan itu saat hari pertandingan.

“Aku memang muslim. Tapi, sangat sulit bagi seorang atlet untuk menaati semua ajaran,” ungkap Torun kepada Berliner Kurier. “Aku sudah mencoba untuk berpuasa, tapi nyatanya tak kuat. Aku merasa sangat letih.”

Meski begitu, tak semua muslim pesepak bola yang sehaluan dengan Torun. Bertahun-tahun, Jawhar Mnari yang sejak 2010 memperkuat FSV Frankfurt dikenal sebagai muslim yang taat dan selalu berpuasa selama sebulan penuh. Sampai-sampai, dia sempat berkonflik dengan manajemen klub. Selain Mnari, Änis Ben-Hatira juga melakukan hal serupa.

Bagi Ben-Hatira, Ramadan adalah bulan yang sangat dinantikan. “Ramadan adalah bulan berpuasa bagiku sebagai muslim. Tahun ini, bulan itu akan tiba pada 1 Agustus. Aku akan berusaha menunaikan puasa dengan penuh walaupun itu tidaklah mudah,” beber dia kepada Hamburger Morgenpost, akhir Maret lalu.

Ketekunan Ben-Hatira dalam menunaikan puasa Ramadan diakui Torun yang sempat lama bersama-sama di Hamburger SV. “Aku memang memutuskan untuk tidak berpuasa, tapi aku sangat salut dan menaruh hormat pada mereka yang berusaha keras melaksanakannya. Contohnya Änis Ben-Hatira,” ungkap Torun.

Selain tekun menunaikan puasa Ramadan, ada beberapa hal lain yang juga patut diteladani dari Ben-Hatira. Seperti diakuinya, dia tidak suka menghabiskan waktu di kelab malam dan merokok. Dia menilai kedua hal itu tidaklah sesuai bagi para pesepak bola profesional. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: