Bayern Lagi-lagi Terdepan

4 Aug
Bayern Muenchen

Seperti musim-musim sebelumnya, musim ini pun FC Bayern München kembali difavoritkan merebut gelar juara oleh para pelatih Bundesliga 1. (Foto: http://www.focus.de)

SETIAP KALI Bundesliga 1 akan kembali bergulir, selalu ada prediksi juara dari para pelatih klub-klub peserta. Dari musim ke musim, selalu saja FC Bayern München yang muncul sebagai favorit utama. Tak terkecuali pada musim ini. Dari 18 pelatih, 12 di antaranya dengan tegas menyatakan FC Hollywood bakal juara.

Tradisi dan langkah ofensif di burs transfer memang menjadi dasar keyakinan para pelatih itu. “Sudah tentu Bayern. Siapa lagi?” kata Felix Magath, pelatih VfL Wolfsburg. Sementara Bruno Labbadia yang menukangi VfB Stuttgart berujar, “Selain Bayern, itu akan menjadi sebuah kejutan besar.”

Selain itu, menurut pelatih Hertha BSC Berlin, Markus Babbel, ada satu hal lagi yang tentunya melecut Bayern. Itu adalah fakta musim lalu. Menurut dia, kegagalan mempertahankan trofi pada musim lalu akan membuat Bayern terluka. Bak banteng, Bayern yang terluka akan menerjang semua lawan tanpa ampun.

Opini Babbel diperkuat oleh pernyataan pelatih Bayern, Jupp Heynckes. Kata dia, pihaknya akan berjuang keras untuk mengembalikan kejayaan Bayern. Meski begitu, dia menilai perjalanan timnya tak akan mulus. “(Borussia) Dortmund dan (Bayer) Leverkusen juga termasuk favorit kuat,” imbuh dia.

Pandangan serupa diungkapkan Robin Dutt (Bayer Leverkusen), Thomas Tuchel (1.FSV Mainz 05), Dieter Hecking (1.FC Nürnberg), Marco Kurz (1.FC Kaiserslautern), dan Marcus Sorg (SC Freiburg). Mereka menilai persaingan musim ini memang akan mengerucut pada Bayern, Leverkusen, dan Dortmund. Bedanya, Tuchel menengarai akan ada satu kuda hitam yang merecoki persaingan segitiga tersebut.

Persaingan sendiri diperkirakan bakal berlangsung sengit. Eks pelatih Bayern dan Dortmund yang kini menukangi timnas Swiss, Ottmar Hitzfeld, meyakini hal itu. Dalam wawancara dengan Münchner Merkur, dia menjagokan Bayern dengan satu catatan. “Saya tak yakin Bayern akan melenggang mulus dan menjadi juara dengan keunggulan angka sangat besar,” ungkap dia.

Selain oleh para pelatih itu, Bayern juga dijagokan oleh para pengakses ran.de. Buktinya, 57 persen dari 482 responden dari jajak pendapat online yang dilakukan menyatakan Bayern bakal kembali merebut Die Meisterschale. Sementara Dortmund hanya dijagokan oleh 23 persen responden.

Akankah fakta yang terhampar pada akhir musim sesuai dengan prediksi tersebut? Kita nantikan saja. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: