Dortmund Gaet Perusahaan Jepang

4 Aug
Shinji Kagawa

Selain mendongkrak prestasi, keberadaan Shinji Kagawa juga ternyata sanggupn menjadi penarik minat sponsor untuk bekerja sama dengan Borussia Dortmund. (Foto: http://www.westline.de)

KEBERADAAN BINTANG asal Asia ternyata kian strategis dalam mengembangkan sisi bisnis sebuah klub. Setelah Hamburger SV yang mendapatkan banyak sponsor dari Korea Selatan berkat keberadaan Son Heung-min, Borussia Dortmund kini merasakan hal serupa. Berkat keberadaan Shinji Kagawa yang melesat bak meteor pada musim lalu, Die Schwarzgelben berhasil menggaet perusahaan Jepang untuk menjadi partner.

Seperti dilansir situs resmi Dortmund, Rabu (3/8), mereka berhasil menggandeng Yanmar, perusahaan yang bergerak pada pengembangan mesin diesel serta peralatan pertanian dan konstruksi. Kedua belah pihak sepakat menjalin kerja sama satu tahun dengan opsi perpanjangan satu tahun berikutnya. Sedangkan detail kontrak , termasuk besarnya nilai kontrak, tidak dipublikasikan.

Direktur Olahraga Michael Zorc tak menampik faktor Kagawa sebagai daya tarik dalam deal ini. Maklum, Yanmar  berbasis di Osaka, kota tempat Kagawa sempat bermain bersama Cerezo Osaka. “Kami menyadari fakta bahwa Kagawa adalah alasan utama terjalinya komitmen dengan Yanmar,” kata dia.

Sementara itu, mengomentari kerja sama antara Yanmar dan Dortmund, Kagawa berujar, “Aku tentu saja sangat senang melihat sponsor utama eks klubku, Cerezo Osaka, kini menjadi mitra penting bagi klubku, Borussia Dortmund.”

Yanmar sendiri adalah perusahaan Asia kedua yang menjadi partner Dortmund. Satu perusahaan lainnya adalah Hankook. Perusahaan ban asal Korsel itu telah menjalin kerjasama sejak 2009 dan baru Maret lalu memperpanjang kontraknya. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: