Helmer Tak Dukung Magath

15 Aug
Menurut Thomas Helmer, rekaman kamera televisi hanya berguna dalam menentukan keabsahan gol seperti yang dibuatnya pada 1994. (Foto: www.fcn.de)

Menurut Thomas Helmer, rekaman kamera televisi hanya berguna dalam menentukan keabsahan gol seperti yang dibuatnya pada 1994. (Foto: http://www.fcn.de)

USULAN FELIX MAGATH soal penggunaan rekaman televisi dalam membantu para wasit membuat putusan yang tepat di lapangan mendapat penentangan. Eks bek tengah timnas Jerman, Thomas Helmer, terang-terangan menilai penggunaan teknologi tersebut justru akan kontraproduktif bagi sepak bola itu sendiri.

“Kita tidak bisa menghentikan laga setiap kali ada insiden kontroversial hanya untuk mengevaluasi rekaman dari 16 kamera guna membuat satu putusan,” kecam Helmer seperti dikuti TZ München. “Itu akan mengubah permainan dan menimbulkan terlalu banyak gangguan dalam pertandingan.”

Jikapun akan diberlakukan, menurut pemain yang pernah membela Borussia Dortmund, FC Bayern München, dan Sunderland itu, harus ada batasan yang jelas tentang insiden yang perlu dievaluasi dengan menggunakan rekaman kamera televisi. “Bukti rekaman televisi hanya berguna dalam hal menentukan gol atau tidak gol,” lanjut Helmer.

Helmer sendiri adalah pelaku dari insiden kontroversial di lapangan hijau. Pada musim 1993-94, saat membela Bayern menghadapi 1.FC Nürnberg, dia menjadi sorotan publik sepak bola Jerman ketika sepakannya yang belum melewati garis gawang dinyatakan gol oleh wasit. Bayern pun menang 2-1.

Menariknya, setelah pro dan kontra menyeruak, DFB kemudian menganulir hasil pertandingan itu dan memerintahkan adanya laga ulangan. Sial bagi Nürnberg, alih-alih memperbaiki hasil, gawang Andreas Köpke justru dijebol lima kali tanpa balas oleh para pemain Bayern. Hasil itu pun lantas memuluskan jalan Bayern ke tangga juara. Sementara bagi Nürnberg, hasil itu justru membuat mereka terdegradasi ke Bundesliga 2. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: