Solbakken Terlalu Percaya Diri

16 Aug
Dua kekalahan Köln pada awal musim ini dinilai Christoph Daum tak terlepas dari blunder pelatih Stale Solbakken. (Foto: www.focus.de)

Dua kekalahan Köln pada awal musim ini dinilai Christoph Daum tak terlepas dari blunder pelatih Stale Solbakken. (Foto: http://www.focus.de)

DUA KALI kalah telak, atmosfer 1.FC Köln mulai memanas. Posisi pelatih Stale Solbakken pun mulai goyah. Badai kritik mulai menghantam pelatih asal Norwegia yang sukses membawa FC Kobenhavn lima kali juara Liga Denmark itu. Salah satunya dari eks pelatih Köln, Christoph Daum. Dia menilai Solbakken terlalu percaya diri sehingga akhirnya membuat beberapa putusan keliru.

Secara khusus, pelatih yang tengah dalam proses pemulihan dari kanker kulit itu menunjuk pencopotan ban kapten Lukas Podolski sebagai blunder besar Solbakken. “Itu sungguh langkah yang tidak perlu. Pada putaran kedua musim lalu, Lukas Podolski adalah sosok yang luar biasa dan punya kontribusi sangat besar. Saya sendiri tak mengerti alasan di balik putusan Solbakken,” kata Daum dalam wawancara dengan Sport1.

Lebih jauh, pelatih yang musim lalu gagal menyelamatkan Eintracht Frankfurt dari degradasi itu menilai Solbakken terlalu memaksakan idenya dan cenderung tak adaptif terhadap lingkungan barunya. Buktinya, para pemain sejauh ini gagal memahami konsep permainan yang diinginkannya.

Meski demikian, Daum tetap berharap Solbakken bertahan di kursinya. Menurut dia, dua kekalahan telak dari VfL Wolfsburg dan FC Schalke 04 bukanlah kiamat. “Ini baru awal. Dia hanya belum betul-betul memahami liga dan klub ini. Saya berharap dia segera memberikan hal positif,” ucap dia.

Manajemen Köln sendiri memang masih berada di belakang Solbakken. Direktur Olahraga Volker Finke menegaskan rumor soal masa depan pelatih berumur 43 tahun itu masihlah terlalu dini. Apalagi, Finke menilai ada perkembangan signifikan dalam permainan Die Geißbocke saat melawan Schalke, terutama pada babak pertama. Bagi dia, itu merupakan sinyal positif bagi perjalanan Köln pada pekan-pekan berikutnya. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: