Dongeng Indah Zieler

20 Aug
Ron-Robert Zieler

Dari hanya kiper tim cadangan Manchester United, kini Ron-Robert Zieler masuk ke timnas Jerman berkat performa apik sejak pertengahan musim lalu. (Foto: http://www.focus.de)

JALAN HIDUP dan masa depan memang tak pernah teraba. Begitulah yang kini dirasakan Ron-Robert Zieler. Dua tahun lalu, karier kiper berumur 22 tahun itu berada di simpang jalan. Berada pada musim terakhirnya di Manchester United, dia tak kunjung bangkit dari cedera tangan yang didapatnya. Manajemen MU pun memastikan kontraknya tak diperpanjang.

Dalam keadaan seperti itu, pada awal 2010, Zieler terbang ke Hannover 96. Dia menjalani trial di sana. Secara kebetulan, Die Roten memang butuh kiper anyar karena Robert Enke bunuh diri pada November 2009. Nah, karena performanya dianggap bagus, Zieler pun lantas disodori kontrak oleh manajemen Hannover. Namun, statusnya hanyalah cadangan bagi Florian Fromlowitz.

Bagi Zieler, kontrak itu jelas menjawab keinginannya akan sebuah tantangan baru. Apalagi dia dipastikan berada di tim utama, tak seperti di MU yang lebih sering berkutat di tim reserves. “Aku telah menjalani lima tahun yang bagus bersama Manchester, tapi aku butuh tantangan baru,” papar dia kepada Spox.com pada pengujung April 2010.

Tak dinyana, putusan itu ternyata menjadi awal lesatan karier bak meteor. Memulai kiprah sebagai kiper tim Hannover II, dia secara mengejutkan ditunjuk sebagai kiper utama saat putaran kedua musim 2010-11 dimulai. Kondisi fisik Fromlowitz yang buruk membuat pelatih Mirko Slomka mengambil putusan berani itu.

Zieler menjawab kepercayaan itu dengan tampil apik. Dalam 15 laga yang dilakoninya, dia sanggup mencatat enam cleansheet dan mengantar Die Roten mendulang 26 poin. Berkat bantuannya, Hannover pun sanggup mengakhiri musim di posisi keempat dan menembus Europa League.

Memasuki musim baru, Zieler kembali menunjukkan performa memukau bersama Die Roten. Dia mengantar Hannover meraup kemenangan dalam empat laga yang dilakoni di semua ajang. Tak terkecuali saat Die Roten menghadapi Sevilla di babak play off Europa League, 18 Agustus lalu.

Kejutan besar lantas didapatkan Zieler sehari setelah laga itu. Pelatih kiper timnas Jerman, Andreas Köpke, mengundangnya ke skuad yang dipersiapkan untuk menghadapi Austria dan Polandia pada awal September mendatang. Dia dipanggil sebagai kiper ketiga karena absennya kiper kedua Jerman, René Adler, yang masih berkutat dengan cedera.

“Karena akan menjalani dua laga secara berdekatan, kami putuskan memanggil kiper ketiga. Dia adalah Ron-Robert Zieler,” papar Köpke dalam wawancara dengan situs resmi DFB. “Ron-Robert adalah kiper muda yang sejak awal 2011 bermain di Bundesliga 1. Sejak awal musim ini pun, dia menunjukkan performa apik dan menunjukkan konsistensi permainan dari musim sebelumnya.”

Putusan itu pun tidak dibuat sembarangan. Köpke telah mengamati sepak terjang kiper kelahiran 12 Februari 1989 itu secara seksama. Sejak musim lalu, dia beberapa kali memantau langsung aksi Zieler di stadion. Salah satunya pada laga spieltag ke-2 Bundesliga 1 musim ini ketika Hannover melawat ke kandang 1.FC Nürnberg.

Pelatih kiper Hannover, Jörg Sievers, tentu saja terkejut mengetahui anak didiknya dipanggil ke timnas. Namun, seperti halnya Köpke, dia menilai Zieler pantas membela Der Panzer. “Ini memang terlalu cepat, tapi dia memang pantas,” ungkap dia kepada az-online.de seraya menambahkan kebanggaannya karena Zieler meneruskan kiprah almarhum Enke.

Sementara itu, menanggapi kejutan besar tersebut, Zieler tentu saja sangat senang. “Aku tentu saja tersanjung dan merasa sangat terhormat. Aku sangat termotivasi dan siap memberikan yang terbaik. Undangan ini adalah kehormatan, bukan hanya bagi Hannover 96, melainkan juga Kota Hannover,” ucap dia.

Lesatan karier Zieler dari tim cadangan MU ke timnas Jerman dalam tempo dua tahun ini jelas mengandung pelajaran berharga. Zieler membuktikan, kesuksesan hanya menghampiri mereka yang mau berusaha keras dan berani mengambil putusan. Dia juga membuktikan, berada di klub kecil pun bukan halangan untuk menembus Der Panzer. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: