Oenning Masih Aman

21 Aug
Hamburger SV

Meski Hamburger SV gagal menuai kemenangan dalam tiga laga pertama musim ini, pelatih Michael Oenning ternyata masih dibela oleh Direktur Olahraga Frank Arnesen. (Foto: http://www.spiegel.de)

KEKALAHAN TELAK saat melawat ke kandang FC Bayern München, Sabtu (20/8), ternyata tak lantas membuat posisi pelatih Hamburger SV, Michael Oenning, tersudut. Meski banyak pihak mulai menyerukan pemecatan terhadap eks pelatih 1.FC Nürnberg itu, manajemen Die Rothosen sepertinya masih memberikan toleransi cukup besar.

Hal itu antara lain tercermin dari sikap Direktur Olahraga Frank Arnesen terhadap hasil buruk di Allianz Arena tersebut. “Seperti halnya di Dortmund, kekalahan ini tidaklah mengejutkan. Sejak awal, kami memang memprediksi bakal sangat sulit meraih kemenangan tandang pertama saat tim baru dalam tahap awal pembentukan,” ujar dia seperti dikutip TZ München. “Kami tetap menaruh kepercayaan terhadap para pemain serta staf pelatih dan akan melakukan apa pun agar laga berikutnya jauh lebih baik.”

Perbaikan itu tentu harus dilakukan secepatnya. Pasalnya, sudah sangat jelas ada masalah besar di tubuh Hamburg saat ini. Bukan apa-apa, kekalahan dari Bayern itu membuat mereka tak pernah menang dalam sepuluh laga terakhir yang dilakoni di Bundesliga 1. Sebuah catatan buruk yang secara psikologis bisa berpengaruh pada perjalanan mereka musim ini.

Tuntutan perbaikan secara cepat itu pula yang diutarakan legenda hidup Hamburg, Uwe Seeler. “Sejak awal, saya yakin tim ini tak akan menang di München. Tapi, kalah 0-5 benar-benar tak terpikirkan,” kata dia kepada Hamburger Morgenpost. “Anak-anak telah menyerah sebelum bertanding. Makanya, kami tak bisa menang. Harus segera dilakukan perbaikan dan saya menunggu penjelasan dari Oenning.”

Lemahnya kepercayaan diri memang menjadi faktor mencolok. Oenning pribadi mengakui hal itu. Namun, di samping itu, ada masalah lain yang ditengarai menjadi biang keterpurukan Hamburg saat ini. Itu adalah tingkat pemahaman para pemain terhadap taktik yang diusung sang pelatih. Hal itu setidaknya diungkapkan oleh kapten Heiko Westermann dan Dennis Aogo.

“Permainan kami hari ini tak sesuai dengan rencana yang telah disusun,” cetus Westermann. Sementara Aogo berujar, “Sulit menjelaskan kekalahan ini. Kami punya rencana besar, tapi dalam beberapa hal ternyata tak bisa diimplementasikan.”

Menilik kata-kata keduanya, sudah barang tentu Oenning harus hati-hati. Gagal memperbaiki performa anak-anak asuhnya pada laga berikut, bukan tak mungkin kepercayaan manajemen kian menurun dan kapak pemecatan siap terayun. Bagaimanapun, jika para pemain tak mampu memahami dan menerapkan strategi, itu menunjukkan ada masalah dengan sang pelatih. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: