Dortmund Hanya Perlu Benahi Hal-hal Kecil

21 Sep
Roman Weidenfeller

Roman Weidenfeller yakin Borussia Dortmund tak menghadapi persoalan pelik walau telah menelan tiga kekalahan daalam enam pertama Bundesliga 1. (Foto: http://www.ruhrnachrichten.de)

TIGA KEKALAHAN dari enam laga awal yang berdampak pada terpuruknya Borussia Dortmund di papan tengah ternyata tak membuat Roman Weidenfeller resah. Dalam wawancara dengan Der Westen, penjaga gawang Die Schwarzgelben itu menilai tak ada masalah besar yang dihadapi klubnya. Menurut dia, Dortmund hanya perlu membenahi hal-hal kecil untuk kembali bangkit.

“Tujuh poin dari enam laga tentu saja tak sesuai dengan bayangan kami dan apa yang diharapkan dari Borussia Dortmund. Kami harus melakukan beberapa hal (untuk bangkit kembali),” kata Weidenfeller. “Kami wajib memerhatikan hal-hal kecil.”

Meski kecil, eks kiper 1.FC Kaiserslautern itu menyatakan perbaikan-perbaikan tersebut harus dilakukan di semua lini. Dia melihat tak ada lini tertentu yang menjadi titik terlemah pada saat ini. “Di depan, kami harus lebih efektif. Di tengah harus lebih bisa mengontrol permainan. Sementara di belakang, kami harus lebih rapat sehingga akan lebih sedikit gol yang tercipta di gawang kami,” papar dia.

Pandangan Weidenfeller ada benarnya. Meski beberapa pihak menuding kehilangan Nuri Sahin yang hengkang ke Real Madrid sebagai pemicu buruknya performa musim ini, persoalan utama Dortmund sebenarnya bukan hanya di sana. Di depan, terlihat jelas ketergantungan yang sangat besar terhadap figur Lucas Barrios. Absennya striker timnas Paraguay itu membuat lini depan seperti tak bertaji. Sedangkan di belakang, ada kehilangan fokus seperti yang diakui bek tengah Neven Subotic.

Sementara itu, eks kiper timnas Jerman, Oliver Kahn, menuding kesalahan utama Dortmund adalah di bursa transfer. Menurut dia, pelatih Jürgen Klopp gagal mendatangkan pemain-pemain baru yang bisa meningkatkan persaingan di dalam tim.

Simpelnya, Die Schwarzgelben seharusnya mendatangkan pemain bintang baru, bukan sekadar pemain-pemain yang kurang ternama macam Ivan Perisic dan Ilkay Gündogan. Kehadiran beberapa pemain baru berlabel bintang, menurut Kahn, bisa membuat adrenalin semua pemain tetap terpompa seperti musim lalu.

Jika ditelisik lebih jauh, kegagalan Dortmund pada awal musim ini juga tak terlepas dari kurangnya inovasi yang dilakukan Klopp. Dia terlalu bertumpu pada komposisi pemain yang sama dengan musim lalu. Dia tak memberikan kepercayaan besar kepada Perisic, Gündogan, dan Moritz Leitner. Sudah begitu, Klopp juga seolah menolak opsi memainkan pola lain meski pola yang sekarang tak efektif karena hilangnya Sahin. (Sepp Ginz)

Advertisements

One Response to “Dortmund Hanya Perlu Benahi Hal-hal Kecil”

  1. fauzi madz September 21, 2011 at 5:57 pm #

    ayo DORMUND kamu harus bangkit dan kalahkan BAYERN agar persaingan musim ini lebih menarik…dan tingkatkan performa di LC, kalau bisa buat ALL BUNDESLIGA FINAL di ALIANZZ ARENA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: