Tugas Berat Arnesen

3 Oct
Frank Arnesen and Huub Stevens

Frank Arnesen tersenyum saat menyambut Huub Stevens, pelatih FC Schalke 04 yang sebelumnya hampir digaetnya. Dia tinggal punya waktu dua pekan untuk mendapatkan pelatih baru bagi Hamburger SV. (Foto: http://www.kicker.de)

DUA PEKAN bukanlah waktu yang panjang, namun itulah waktu yang tersisa bagi Hamburger SV untuk menunjuk pelatih anyar. Pasalnya, karena tak memiliki lisensi kepelatihan yang disyaratkan untuk memegang tim Bundesliga 1, Rodolfo Esteban Cardoso hanya boleh menjadi caretaker selama 15 hari terhitung sejak 20 September lalu.

Tugas itu menjadi tekanan tersendiri bagi Direktur Olahraga Frank Arnesen. Bukan apa-apa, sebenarnya banyak upaya yang telah ditempuh untuk mencari pelatih baru dalam dua pekan belakangan ini. Sialnya, tak satu pun yang berhasil. Huub Stevens sempat hampir didapatkan, namun gara-gara melakukan pembicaraan dengan FC Schalke 04, namanya pun akhirnya dicoret.

Belakangan, nama Marco van Basten yang sempat santer diisukan bakal merapat ke Imtech Arena juga hanya tinggal sayup-sayup. Maklum, eks pelatih timnas Belanda itu kini diisukan tengah ditawari jabatan direktur teknik di eks klubnya, Ajax Amsterdam. Tinggallah nama Morten Olsen yang tersisa. Sulitnya, dia masih menukangi timnas Denmark.

Arnesen jelas tertekan. Seusai kekalahan 1-2 dari Schalke, Minggu (2/10), dia berujar, “Kami tak punya waktu hingga Natal. Pada laga berikutnya menghadapi SC Freiburg, kami harus memiliki pelatih berlisensi untuk mendampingi tim.”

Tentu saja menarik ditunggu apa langkah yang akan diambil Arnesen. Pasalnya, selain memburu nama-nama yang ada di daftarnya, dia pun ditawari opsi lain. Salah satunya datang dari Sergej Barbarez, eks pemain Hamburg yang kini berada di Supervisory Board klub itu. Sejak polemik tentang Cardoso mencuat, dia sudah mengajukan diri.

Mengingat dirinya telah mengantungi lisensi kepelatihan, Barbarez siap dijadikan pelatih berdampingan dengan Cardoso. “Saya tak akan mengirimkan video audisi, cukup mengatakan betapa saya sangat terikat dengan klub ini secara emosional. Saya sudah berbicara sedikit dengan Frank Arnesen. Apa putusannya nanti, kita lihat saja,” ungkap dia kepada Hannoverische Allgemeine Zeitung.

Selain tawaran Barbarez, banyak legenda Die Rothosen, di antaranya Uwe Seeler, yang menyerukan Arnesen memilih Horst Hrubesch. Eks triker andal itu diyakini bisa mendongkrak Hamburg karena sudah terbiasa menukangi pemain-pemain muda di timnas junior Jerman. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: