Reus Lebih Suka Jadi Orang Biasa

11 Oct
Marco Reus

Meski sudah menjalani debut di timnas Jerman, Marco Reus tetap tak menilai dirinya sebagai pemain bintang. (Foto: http://www.wz-newsline.de)

MENJADI SOSOK SENTRAL dalam kebangkitan Borussia Mönchengladbach dan disebut-sebut sebagai pemain yang bakal menjadi bintang tak lantas membuat Marco Reus jemawa. Pemain kelahiran Dortmund, 31 Mei 1989 itu tetap merendah dan tetap apa adanya.

“Di Mönchengladbach, aku tak merasa diri seperti bintang. Aku bukanlah bintang. Aku hanyalah satu dari sekian banyak pemain. Tanpa teman-temanku di Borussia, aku bukanlah apa-apa. Aku melihat diri sendiri bukan sebagai individu, melainkan sebagai bagian dari tim,” beber Reus kepada Westdeutsche Zeitung.

Atas dasar itu, Reus juga tak terlalu suka berada dalam sorotan publik. Jangankan sengaja mencari perhatian, mendapat sorotan dari media massa saja membuat dia jengah. Lalu, dia pun tak terlalu suka dikenali banyak orang saat berada di tempat umum. Tak heran pula bila dia tak suka melihat gosip miring tentang pemain sepak bola di halaman koran. “Aku berharap orang-orang melihat kami bukan hanya sebagai pesepak bola, melainkan juga sebagai manusia biasa, Kami bukanlah mesin!” tandas dia.

Soal sepak bola sendiri, pemain yang menimba ilmu sepak bola di akademi Borussia Dortmund itu punya pandangan yang agak unik. Dia mengakui sepak bola sebagai sesuatu yang penting, tapi bukan segala-galanya dalam hidup ini. Itu sebabnya, dia sanagt menghormati putusan pelatih Ralf Rangnick yang mundur dari FC Schalke 04 beberapa waktu lalu karena alasan kesehatan.

Lebih jauh, Reus juga tak memedulikan pelbagai ukuran yang tak jelas. Salah satunya nilai jualnya di bursa transfer yang meningkat pesat. “Aku sama sekali tak peduli pada nilai jualku. Aku hanya ingin bermain sepak bola dengan baik sehingga lebih sering dipanggil oleh pelatih timnas, Joachim Löw,” lanjut pengagum Tomas Rosicky itu.

Berbekal prinsip dan tekad kuat untuk selalu bermain apik, tak akan mengherankan bila dia suatu saat menjadi bintang baru orbitan Mönchengladbach. Menjadi legenda abadi seperti Jupp Heynckes dan Berti Vogts atau menjadi bintang besar di klub lain seperti Günter Netzer, Lothar Matthäus, Stefan Effenberg, dan Sebastian Deisler pun bukan sebuah kemustahilan bagi dia. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: