Klopp Siap Gantikan Löw

12 Oct
Juergen Klopp

Jürgen Klopp merasa sangat yakin bisa menjadi penerus yang baik bagi Joachim Löw di timnas Jerman. (Foto: http://www.ruhrnachrichten.de)

MENUKANGI TIM NASIONAL adalah puncak karier bagi seorang pelatih. Itu pula yang ada di benak Jürgen Klopp. Dalam wawancara dengan Playboy, dia tanpa ragu mengungkapkan hal itu sebagai obsesinya. Secara khusus, dia mengaku siap andai suatu saat dihubungi Deutscher Fussball Bund (DFB) untuk menggantikan Joachim Löw.

“Tentu saja (saya mau menjadi pelatih timnas). Mengapa tidak? Pada prinsipnya, itu juga tak lebih dari sebuah tim sepak bola juga,” kata Klopp. “Saya merasa sudah mengerti betul tentang apa yang saya lakukan. Jika mereka (DFB) tertarik, saya tentu akan mempertimbangkanya.”

Sangat wajar bila Klopp terkesan sangat percaya diri. Bukan apa-apa, sejak mampu mengantar Borussia Dortmund menjuarai Bundesliga 1 pada musim lalu, dia memang dipandang sebagai salah satu pelatih muda berkualitas yang dimiliki Jerman. Banyak pihak menilai dia pantas menukangi Der Panzer suatu saat kelak.

Klopp pribadi memang merasa terlahir sebagai pelatih. “Saya sempat ditawari menjadi manajer di 1.FSV Mainz 05, tapi saya tolak. Soalnya, saya berpikir, suatu saat ingin menjadi pelatih. Enam bulan kemudian, mereka menawarkan posisi itu. Tanpa ragu, saya pun menerimanya dengan senang hati,” ungkap dia lagi.

Toh, untuk mewujudkan obsesi menukangi Der Panzer, Klopp harus lebih bersabar. Pasalnya, Löw masih terikat kontrak hingga 2014. Sudah begitu, Presiden DFB Theo Zwanziger menegaskan posisi Löw tak akan goyah meski seandainya Jerman terpuruk di Piala Eropa 2012. (Sepp Ginz)

Leave a Reply

