Müller, Si Pencari Penalti

14 Oct
Thomas Mueller

Thomas Müller melayang setelah diterjang tebasan bek Polandia, Arkadiusz Gowacki. Gara-gara tebasan itu, Polandia pun dihukum penalti. (Foto: http://www.daylife.com)

SEBUAH JULUKAN BARU sepertinya patut disematkan kepada Thomas Müller. Kini, sebutlah pemain FC Bayern München itu sebagai Si Pencari Penalti. Pasalnya, sepanjang musim ini, dia sudah melahirkan cukup banyak penalti.

Setidaknya ada enam penalti yang dihasilkan lewat manuver Müller di kotak penalti lawan. Rinciannya, empat untuk Bayern, dua untuk timnas Jerman. Terakhir, korbannya adalah timnas Turki. Gara-gara manuvernya, bek Gokhan Gönül terpaksa mengganjalnya di kotak penalti. Wasit pun tak ayal menunjuk titik putih.

Menanggapi fakta 14 penalti yang dihasilkannya di pelbagai ajang sejak menjadi pemain profesional pada musim 2009-10, Müller tak menampik sebutan sebagai pemain yang doyan mencari penalti. Menurut dia, itu adalah bagian dari strateginya di lapangan. Terutama berkaitan dengan kelebihannya dalam kecepatan.

“Aku tahu betul bahwa bek di kotak penalti berada dalam posisi yang tak menguntungkan jika diajak berlari. Dia tak bisa berbuat banyak, terutama saat aku membawa bola. Seringkali mereka telat menjegalku sehingga akhirnya terjadi pelanggaran yang membuahkan penalti,” papar Müller kepada Kicker.

Meski begitu, Müller bukanlah ahli diving seperti halnya Filippo Inzaghi. Sejauh ini, tak ada penalti kontroversial yang dihasilkan olehnya. Penalti-penalti itu pun bukan karena Müller terlalu mudah jatuh, melainkan karena bek lawan terlalu sembrono menghadapinya.

So, para bek sepertinya harus lebih berhati-hati kala menghadapi manuver Müller di kotak penalti. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: