Favre Tak Impikan Eropa

2 Nov
Lucien Favre

Bagi Lucien Favre, keberhasilan Borussia Mönchengladbach sejauh ini bukan berarti anak-anak asuhnya boleh merenda mimpi lolos ke kancah antarklub Eropa musim depan. (Foto: http://www.torfabrik.de)

TAK PERNAH terlempar dari upper half klasemen Bundesliga 1 sejak awal musim adalah prestasi spesial bagi Borussia Mönchengladbach. Apalagi mereka sempat berada di posisi kedua pada spieltag ke-9. Tak heran jika banyak orang yang menganggap tim asuhan Lucien Favre itu adalah kandidat peraih tiket ke kancah antarklub Eropa musim depan.

“Kandidat ke Eropa adalah topik yang saya anggap benar-benar tak perlu dan tak pantas dibicarakan pada saat ini,” tegas Favre kepada Kölner Express. “Kami memang solid, tapi setiap poin yang diraih tidaklah gampang. Kami masih harus terus berjuang keras untuk setiap poin lagi.”

Sikap hati-hati itu bukan tanpa dasar. Favre tentunya berharap Marco Reus cs tak terlena oleh kesuksesan yang diraih pada saat ini. Terlalu berpuas diri dan jemawa akan membuat mereka rawan tergelincir. Apalagi fakta menunjukkan perolehan 20 poin seperti yang mereka bukukan saat ini bukan jaminan untuk finish di papan atas dan diganjar tiket ke Eropa.

Pada musim lalu, Eintracht Frankfurt meraup 19 poin hingga pekan ke-11. Namun, Die Adler justru mengalami nasib nahas pada pengujung musim. Mereka terdegradasi ke Bundesliga 2! Semusim sebelumnya, TSG 1899 Hoffenheim bertengger di posisi kelima pada pekan ke-11 dengan koleksi 20 angka. Namun, pada akhirnya, mereka merosot ke posisi ke-11 pada akhir musim. Nasib FC Schalke pada 2008-09 juga mirip. Bedanya, mereka berada di posisi ke-4 pada pekan ke-11 dan finish di posisi ke-8. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: