Löw Tinggalkan Lahm

4 Nov
Philipp Lahm

Untuk laga melawan Ukraina dan Belanda, Joachim Löw sengaja mengistirahatkan kapten Philipp Lahm. (Foto: http://www.focus.de)

PUTUSAN MENGEJUTKAN diambil pelatih timnas Jerman, Joachim Löw. Untuk laga melawan Ukraina dan Belanda pada 11 dan 15 November mendatang, dia tak menyertakan kapten Philipp Lahm. Ini sungguh tak biasa mengingat Lahm selama ini selalu dimainkan jika tak terkena skorsing atau cedera.

Sudah barang tentu, Löw punya penjelasan khusus mengenai kebijakannya itu. “Saya telah berbicara dengan Philipp pada Kamis siang. Saya lalu putuskan dia kali ini tak akan ambil bagian. Setiap musim, dia biasanya selalu bermain secara penuh dalam banyak laga. Oleh karena itu, dia perlu beristirahat. Lain dari itu, hal tersebut juga membuat saya bisa mencari alternatif lain di bek kiri,” jelas Löw di situs resmi Deutscher Fussball Bund (DFB).

Berdasarkan daftar pemain yang dipanggil untuk dua laga uji coba nanti, setidaknya ada dua nama yang bakal menjadi alternatif seperti disebutkan Löw. Mereka adalah Dennis Aogo dari Hamburger SV dan Marcel Schmelzer, penggawa Borussia Dortmund. Saat ini, peran mereka memang cukup besar di klub masing-masing.

Selain Lahm, pemain yang juga diistirahatkan adalah Manuel Neuer. Bedanya, Neuer hanya diistirahatkan saat Jerman menghadapi Ukraina. Dia tak diajak ke Kyiv, namun harus bergabung di Hamburg pada 12 November untuk menghadapi Belanda tiga hari kemudian. “Sudah sangat jelas, Manuel yang akan mengawal gawang di Hamburg nanti,” tandas Löw.

Sementara itu, untuk mengisi slot yang ditinggalkan Bastian Schweinsteiger akibat cedera bahu saat menghadapi SSC Napoli, 2 November lalu, Löw memanggil gelandang bertahan Bayer Leverkusen, Lars Bender. (Sepp Ginz)

Skuad Timnas Jerman
Kiper: Manuel Neuer, Tim Wiese, Ron-Robert Zieler
Bek: Dennis Aogo, Holger Badstuber, Jerome Boateng, Benedikt Höwedes, Mats Hummels, Per Mertesacker, Marcel Schmelzer, Christian Träsch
Gelandang: Lars Bender, Mario Götze, Sami Khedira, Toni Kroos, Thomas Müller, Lukas Podolski, Mesut Özil, Marco Reus, Simon Rolfes, André Schürrle
Striker: Cacau, Mario Gomez, Miroslav Klose

Leave a comment