Gomez Sepenting Messi

10 Nov

PEMAIN SAMPAH yang suka membuang-buang peluang di mulut gawang dan tak punya kemampuan mendukung pergerakan pemain lain. Gol-golnya pun biasa-biasa saja, tak ada yang spektakuler. Itulah anggapan sebagian orang, tak terkecuali pendukung FC Bayern München, terhadap Mario Gomez. Cibiran itu tetap ada meski Gomez mampu membuktikan kelasnya dengan merebut torjägerkanone sebagai top skorer Bundesliga 1 musim lalu. Itu jelas berbeda dengan Lionel Messi yang memang punya skill dan kontribusi sangat baik.

Menariknya, eks pelatih Bayern, Ottmar Hizfeld, justru menilai Gomez sejajar dengan Messi. “Gomez untuk Bayern sama pentingnya dengan Messi bagi Barcelona,” kata dia kepada TZ München. “Dia adalah pemain berkelas dunia.”

Anggapan itu bukan tanpa dasar. Hitzfeld merujuk pada torehan gol Gomez sepanjang musim ini. Dalam sebelas laga di Bundesliga 1, eks striker VfB Stuttgart itu mampu mencetak 13 gol. Sementara di Liga Champions, lima gol dijaringkan dalam empat partai yang telah dilakoni Bayern.

Catatan itu diperkuat oleh tingkat efektivitas dalam memanfaatkan peluang. Berdasarkan statistik di liga domestik, Gomez saat ini berada di posisi ketiga dengan tingkat efektivitas 29,5 persen. Dia berhasil menjaringkan 13 gol dari hanya 44 tembakan. Catatan itu hanya kalah dari Mohammed Abdellaoue yang punya tingkat konversi peluang 50 persen dan Lukas Podolski yang mampu memaksimalkan 32,1 persen peluang yang didapatkannya.

Dari segi ini, Gomez justru unggul jauh dari Messi. Meski koleksi gol pemain mungil asal Argentina itu lebih banyak dari Gomez, tingkat konversinya rendah, hanya 22,6 persen. Pasalnya, Messi butuh 62 tembakan untuk mencetak 14 golnya di Divisi Primera pada musim ini.

Menilik fakta tersebut, Hitzfeld menilai Gomez sebagai salah satu pembelian terbaik yang dilakukan Bayern. Uang 30 juta euro yang diserahkan FC Hollywood kepada Stuttgart pada awal musim 2009-10 pun dinilai Hitzfeld sebagai sesuatu yang wajar.

“Bahkan sesaat setelah dia didapatkan pun saya katakan bahwa itu adalah transfer yang sangat baik. Dia membuktikan kepantasan tingginya nilai transfer dan akan terus membuktikannya pada masa-masa yang akan datang. Itu karena dia memang seorang pencetak gol ulung,” terang pelatih yang kini menukangi timnas Swiss itu. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: