Gomez Takkan Lupakan Kyiv

13 Nov
Menjadi kapten pada penampilan ke-50 plus tanggal unik adalah kenangan tak terlupakan bagi Mario Gomez. (Foto: www.spox.com)

Menjadi kapten pada penampilan ke-50 plus tanggal unik adalah kenangan tak terlupakan bagi Mario Gomez. (Foto: http://www.spox.com)

TIMNAS JERMAN memang hanya menuai hasil imbang 3-3 saat melawan Ukraina, Jumat (11/11). Kala itu pun, Mario Gomez gagal mencetak gol. Namun, bagi striker FC Bayern München itu, Kyiv 11 November 2011 akan selalu dikenang sepanjang hidupnya.

Laga menghadapi Ukraina memang punya makna spesial bagi Gomez. Selain meraih caps ke-50, dia pun untuk kali pertama menjadi kapten tim. Itu sesuatu yang berada di luar bayangannya selama ini. Apalagi eks striker VfB Stuttgart itu sempat menyandang cap buruk karena kemandulannya selama saat membela Der Panzer di Piala Eropa 2008.

“Dua tahun lalu, sama sepertiku, tak akan ada orang yang membayangkan aku menjadi kapten tim,” jelas Gomez kepada TZ München. “Ketika melihat susunan pemain sebelum laga, aku kaget menyadari bahwa aku adalah pemain tertua. Bagiku, 11.11.2011 akan selalu menjadi kenangan manis.”

Gomez yang baru berumur 26 tahun memang menjadi pemain paling senior sekaligus paling berpengalaman. Di starting line-up, pemain tertua kedua adalah Dennis Aogo yang berumur 24 tahun. Sementara dari jumlah penampilan, pemain dengan caps terbanyak di bawah Gomez adalah Mesut Özil yang pada laga itu tampil untuk ke-29 kali bersama Der Panzer.

Status kapten sendiri, bagi Gomez, tak terlepas dari faktor keberuntungan. Sejatinya, dia bukan pemain yang dianggap sebagai leader di timnas Jerman. Namun, seiring tak bermainnya para pemain senior, jadilah dia dipilih menjadi pemimpin. Kapten Philipp Lahm sengaja diistirahatkan oleh pelatih Joachim Löw, sementara sang wakil, Bastian Schweinsteiger, absen karena cedera bahu. Lalu, Per Mertesacker dan Lukas Podolski hanya menjadi pemain cadangan seiring eksperimen pola 3-4-2-1 yang diusung Löw. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: