Kunci Utama Kebangkitan Kroos

15 Nov
Toni Kroos

Meski melewati awal karier yang tak mulus, Toni Kroos tetap mampu mengemuka berkat keteguhan dan keyakinan terhadap kemampuannya. (Foto: http://www.focus.de)

TALENTA ABAD INI dan calon pemain besar Jerman. Itulah label yang melekat pada diri Toni Kroos saat tampil cemerlang pada Piala Dunia U-17 2007. Saat itu, dia menjadi dirigen Der Panzer yang menjadi juara ketiga. Pada akhir turnamen, dia pun diganjar gelar pemain terbaik.

Akan tetapi, perjalanan karier Kroos tak lantas mulus berkat label itu. Dia harus melalui jalan berkelok. Dia pun baru mulai bangkit dan meretas kebintangan saat dipinjamkan oleh FC bayern München ke Bayer Leverkusen. Kross tak memungkiri fase yang tak menyenangkan itu.

“Itu adalah masa yang buruk bagiku. Tapi, memang pada umur 17 atau 18 tahun, segala sesuatunya tidak akan mulus. Apalagi di klub sekelas Bayern,” ungkap Kroos kepada Der Tagesspiegel. “Meski begitu, aku tak menilai fase itu sebagai kemunduran.”

Lalu, apa yang membuat Kroos bisa bangkit dan akhirnya menjadi pemain penting di Bayern dan timnas Jerman? Sederhana saja. Selalu berpikir positif. Itulah resep Kroos. “Aku menganggap fase awal yang tak mulus itu sebagai sebuah bagian yang harus dilalui. Lain dari itu, aku selalu yakin pada kemampuanku,” ungkap dia.

Sementara itu, menyangkut peran pelatih Jupp Heynckes, Kroos mengakui hal itu. “Aku kesulitan saat di bawah Jürgen Klinsman. Tapi, aku selalu berkata bahwa Klinsmann bukan pelatih terakhirku. Ternyata kemudian aku menemukan kecocokan dengan Jupp Heynckes semasa di Leverkusen,” terang dia lagi.

Toh, dia menampik anggapan sebagain orang yang menyebut dirinya sebagai anak emas Heynckes. “Jupp Heynckes tak pernah berkata kepadaku, ‘Kamu bisa melakukan apa saja dan akan selalu bermain.’ Dia menuntutku bekerja keras. Dia menyampaikan apa yang harus kulakukan,” kata pemain didikan Hansa Rostock itu. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: