Leno Resmi Milik Leverkusen

30 Nov

TARIK-ULUR TRANSFER Bernd Leno yang melibatkan VfB Stuttgart dan Bayer Leverkusen akhirnya berakhir. Rabu (30/11), kiper berumur 19 tahun itu dinyatakan resmi menjadi milik Werkself. Dia dikontrak hingga 2017, sementara nilai transfernya tak disebutkan. Meski begitu, beberapa media massa Jerman menyebut angka 7-8 juta euro sebagai kompensasi yang harus diserahkan Leverkusen kepada Stuttgart.

Kesepakatan itu tentu saja membuat Leno senang. “Aku sangat berterima kasih kepada Bayer 04 yang telah memberiku kesempatan bermain di Bundesliga 1 dan Liga Champions. Kepercayaan itulah yang harus kubayar,” ungkap kiper yang sejak beberapa bulan terakhir mengindikasikan keinginan bertahan di BayArena itu.

Reaksi serupa juga diungkapkan Rudi Völler, Direktur Olahraga Leverkusen. Dia mengungkapkan pihaknya sangat gembira karena bisa mengontrak salah satu kiper bertalenta terbaik di Jerman untuk jangka waktu lama. Soal kemampuan Leno, dia sama sekali tak sangsi.

“Bernd telah menunjukkan banyak hal dalam beberapa bulan terakhir sebagai pengganti René Adler. Dia punya peran besar dalam mengantar kami lolos ke fase knock out Liga Champions,” sebut Völler.

Dari kubu Stuttgart, sudah pasti putusan melepas Leno tak terlepas dari ketidakmampuan memberi garansi bermain di tim utama. Maklum, pelatih Bruno Labbadia sudah memiliki Sven Ulreich yang menunjukkan performa tak kalah apik dibanding Leno. Pelbagai pernyataan Direktur Olahraga Fredi Bobic soal niat memanggil pulang Leno pada Januari nanti juga tak lebih dari bagian negosiasi.

Lalu, bagaimana dengan Adler? Sepertinya pemain yang sempat digadang-gadang sebagai kiper utama timnas Jerman itu bakal tersisih. Hal itu tercermin dari ucapan Völler sebelum kesepakatan tentang Leno tercapai. Dia mengatakan, sepertinya sangat sulit membayangkan Adler berada di Leverkusen pada musim depan. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: