Jerman Menentang Imbauan Blatter

7 Dec
Felix Brych

Wasit FIFA asal Jerman, Felix Brych, tak bisa berharap memimpin di Piala Dunia 2014 karena statusnya yang belum profesional. (Foto: sport.tvmovie.de)

IMBAUAN KERAS Presiden FIFA Sepp Blatter kepada Deutscher Fussball Bund (DFB) mengenai status wasit yang belum profesional mendapat tentangan. Herbert Fandel, Ketua Komisi Wasit DFB, nyata-nyata mempertanyakan imbauan itu. Menurut dia, status profesional bukan jaminan seorang wasit bertugas lebih baik.

“Wasit profesional bukanlah panasea. Hal yang lebih penting adalah menciptakan kondisi optimal bagi para wasit,” ucap Fandel. “Jika tak memiliki pekerjaan lain, eksistensi mereka akan terancam bila tiba-tiba cedera atau dipaksa pensiun karena keharusan menjadi wasit profesional. Lain dari itu, ambil contoh final Piala Dunia 2010 yang dipimpin wasit profesional. Kepemimpinannya justru menimbulkan kontroversi.”

Hal senada diungkapkan Chairman FC Bayern München Karl-Heinz Rummenigge. “Saya tak yakin wasit akan tampil lebih baik jika dibayar dengan lebih besar. Wasit hanya bertugas hingga umur 45 tahun. Uang yang didapatkan tidak akan cukup untuk memenuhi hidup mereka,” jelas dia.

Presiden DFB Theo Zwanziger pun menanggapi dengan skeptis imbauan Blatter tersebut. “Masalah sebenarnya bukan seseorang profesional atau amatir. Ini lebih menyangkut bagaimana dia bekerja dengan baik. Maka dari itu, tak heran bila banyak pendapat berbeda yang beredar,” terang dia.

Seperti dilansir banyak media massa, Blatter pada Selasa (6/12) mengkritik kebijakan DFB yang masih belum menerapkan status profesional pada para wasitnya. Dia mengimbau Jerman mengikuti langkah Inggris, Italia, dan Prancis yang sukses menerapkan wasit profesional di liga masing-masing. Lebih lanjut, dia pun menyatakan status amatir itulah yang membuat kasus percobaan bunuh diri Babak Rafati pada beberapa waktu lalu.

Bila tak segera memberlakukan wasit profesional, menurut Blatter, tak akan ada wasit Jerman yang memimpin di Piala Dunia 2014. Pasalnya, pada Piala Dunia yang digelar di Brasil itu, FIFA hanya akan menugaskan para wasit yang berstatus profesional. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: