Tujuh Jalan Ala Brazzo

15 Dec

PERFORMA TIM memang tengah terpuruk. Tapi asa dan keyakinan bangkit tak boleh padam. Ada banyak cara untuk bisa keluar dari krisis. Itu pula yang dipegang gelandang senior VfL Wolfsburg, Hasan Salihamidzic. Dia bahkan punya sebuah rumusan menarik yang berisi tujuh jalan untuk Die Wolfe keluar dari keterpurukan saat ini.

Jalan pertama, menurut Brazzo, adalah komitmen berlipat saat berada di lapangan. “Selama ini, kami kerap bermain bagus, tapi tak mampu menunjukkan konsistensi selama 90 menit. Padahal, kita perlu bermain dengan 100, 120 atau bahkan 1.000 persen komitmen,” kata dia kepada Wolfsburger Allgemeine Zeitung.

Jalan kedua, lanjut dia, adalah dengan mendatangkan pemain-pemain baru. Brazzo menilai hal ini sangat penting untuk meningkatkan kompetisi di dalam skuad. Dia lantas mengungkapkan pengalamannya saat bermain di FC Bayern München. “Di sana selalu ada persaingan yang sangat keras,” tegas pemain yang meretas karier di Hamburger SV itu.

Jalan ketiga, tambah Brazzo, berkaitan dengan kekompakan tim. Untuk itu, perlu komunikasi intensif. Sedangkan jalan keempat tetap berpikir positif dan memelihara ambisi. Brazzo yang pernah mengalami masa-masa sulit di Hamburg menyatakan, semua pemain Wolfsburg tak boleh puas hanya menghindari zona degradasi. Sementara jalan kelima, menyadari keberadaan di klub bukan hanya demi kepentingan diri sendiri. “Kita bermain untuk klub, masyarakat, dan fans. Ini saatnya mengejar kemenangan dan mencapai target,” papar dia.

Lalu, apa jalan keenam dan ketujuh? Jalan keenam, tak boleh menambah beban dengan menunjukkan kekecewaan secara berlebihan. Brazzo menandaskan pentingnya berbesar diri ketika tak dipercaya pelatih Felix Magath. Itu, kata dia, justru seharusnya menjadi cambuk pelecut semangat. Sedangkan jalan ketujuh adalah melakukan persiapan lebih matang dan jauh-jauh hari. “Aku selalu mengingatkan bahwa kita sudah harus bersiap menghadapi laga pada Selasa. Caranya dengan mulai berkonsentrasi, tidur dengan baik, dan mengonsumsi makanan yang juga baik,” jelas dia. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: