Bayern Jadi Acuan Ajax

17 Dec

SOAL KEKAYAAN atau nama besar, FC Bayern München memang masih kalah dibanding Real Madrid, Manchester United, Barcelona, atau bahkan Chelsea dan Manchester City. Namun, dalam keunikan organisasi, FC Hollywood jauh berada di atas klub-klub itu. Keunikan itu adalah banyaknya eks pemain yang dilibatkan di manajemen klub.

Berkat keunikan itulah Bayern dijadikan acuan oleh Ajax Amsterdam yang saat ini tengah bergelut dengan perubahan manajemen. Hal itu diakui Direktur Finansial Jeroen Slop. “Publik menyimpan simpati kepada para underdog, bukan kepada mereka yang memiliki banyak uang. Itu sebabnya bukan Chelsea, Manchester City, atau Manchester United yang menjadi contoh bagi Ajax, melainkan Bayern München,” jelas dia. “Di sana, para eks pemainlah yang menentukan kebijakan. Itulah yang belum ada di Ajax.”

Sebenarnya keberadaan eks pemain di manajemen adalah hal yang biasa di klub-klub Jerman. Namun, Bayern memang termasuk yang paling ekstrem. Keberadaan eks pemain tersebar di hampir semua sektor. Ada Uli Höeneß di kursi presiden, Karl-Heinz Rummenigge sebagai chairman, Christian Nerlinger sebagai direktur olahraga, hingga Hans Pflügler yang mengelola fanshop. Sebelumnya, Franz Beckenbauer juga pernah lama menjadi presiden klub.

Kecenderungan itu pun terus dipertahankan. Setelah Nerlinger yang dipromosikan sejak 2008-09, rencananya Hans-Jörg Butt akan menggantikan Werner Kern sebagai koordinator tim junior saat gantung sepatu pada akhir musim nanti. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: