Miller Ingin Jadi Pelatih Mental

24 Dec
Markus Miller

Pengalaman menjalani terapi selama pemulihan dari burn-out syndrome membuat Markus Miller tertarik pada psikologi olahraga. (Foto: http://www.torwart.de)

PENGALAMAN PAHIT tak jarang menjadi sumber inspirasi bagi orang-orang tertentu. Salah satunya Markus Miller. Penjaga gawang Hannover 96 yang September lalu mengaku terjangkit Burn-out Syndrome itu justru menemukan ketertarikan pada bidang psikologi saat menjalani terapi selama sekitar 12 pekan.

“Aku merasa psikologi olahraga adalah sebuah bidang yang sangat menarik. Jika tak jadi pelatih kiper, aku mempertimbangkan untuk menjadi pelatih mental,” ungkap Miller dalam wawancara dengan Bild.

Itu bukan impian yang terlalu jauh bagi Miller. Dia bisa mencontoh Philipp Laux yang kini menjadi mental trainer FC Bayern München. Dulunya, Laux juga penjaga gawang yang pernah membela Borussia Dortmund dan SSV Ulm 1846. Karena latar belakang pendidikannya di bidang psikologi olahraga, dia lantas diangkut Bayern pada masa pelatih Jürgen Klinsmann dan bertahan hingga sekarang.

Mengenai masa-masa ketika Miller menjalani terapi, Marina, istri Miller, mengaku lumayan berat. Pasalnya, dia harus mengurus kedua anak mereka, Lenn dan Collin, seorang diri. “Kami selalu berusaha berkunjung setiap akhir pekan. Collin belum mengerti, sementara Lenn selalu bilang bahwa Ayah ada di hotel agar bisa beristirahat lebih nyaman. Orang tua dan saudara saya sangat membantu, terutama dalam mengasuh anak-anak,” kisah Marina.

Tak heran, lanjut Marina, mereka begitu bahagia ketika Miller kembali ke rumah. “Anak-anak akhirnya memiliki ayah lagi,” ucap dia. Sementara Miller menimpali, “Bagi mereka, itu tak ubahnya Natal.” (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: