Bayern Tetap Sangat Belanda

27 Dec
Arjen Robben

Salah satu ciri yang menunjukkan kuatnya gaya Belanda di FC Bayern München adalah pergerakan winger seperti Arjen Robben yang sangat melebar. (Foto: http://www.torwart.de)

REZIM LOUIS VAN GAAL  memang telah usai pada awal April silam, namun pengaruhnya masih sangat besar. Setidaknya, itulah yang dilihat Frank Wormuth, pelatih timnas U-20 Jerman yang juga instruktur pelatihan untuk pelatih di Jerman. Dia menilai warna Belanda masih sangat kental di Bayern München.

“Hasil goresan tangan Louis van Gaal masih snagat terlihat jelas di Bayern. Jupp Heynckes cukup cerdas dengan tak melakukan perubahan radikal terhadap hasil kerja Van Gaal selama dua tahun. Dia tetap mempertahankan hal-hal mendasar dari sepak bola ala Van Gaal. Heynckes memang memiliki pendekatan psikologis yang berbeda sehingga bisa membuat pemain seperti Franck Ribéry menggila. Tapi, taktiknya tetap berlandaskan pada warisan Van Gaal. Bayern lebih felksibel tapi tetap berasa Belanda,” ulas Wormuth dalam wawancara dengan Spox.com.

Ciri-ciri kebelandaan Bayern itu, menurut Wortmuth, terlihat pada beberapa hal. Pertama, para pemain di Belanda terbiasa dilatih secara intensif per posisi. Pemain belajar sebuah posisi secara spesifik dan perannya dalam sebuah struktur secara keseluruhan. “Faktor penentunya adalah loyalitas. Itu sebabnya para pemain Bayern saat ditangani Van Gaal sangat jarang terlihat keluar dari posisinya,” jelas Wormuth.

Sementara hal kedua yang mencirikan gaya Belanda di Bayern adalah pergerakan kedua winger. “Istilahnya sepatu putih. Di sepak bola Belanda, pemain sayap selalu bergerak melebar dan cenderung berlari di garis lapangan,” lanjut pelatih berumur 51 tahun itu. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: