Basti Impikan Belanda

28 Dec
Mark van Bommel, Klaas-Jan Huntelaar and Toni Kroos

Laga Jerman versus Belanda di final Piala Eropa 2012 menjadi salah satu impian terbesar Bastian Schweinsteiger untuk tahun depan. (Foto: http://www.torwart.de)

TAHUN BARU segera mendekat. Seperti biasa, hampir setiap orang merenda asa baru untuk 2012. Bagi Bastian Schweinsteiger, salah satu impian terbesarnya tahun depan adalah berada di Kyiv pada 1 Juli alias berlaga di partai final Piala Eropa 2012. Impian itu pun akan semakin lengkap bila lawan yang dihadapi adalah Belanda.

“Jerman versus Belanda akan menjadi laga yang sangat panas. Tapi, tim yang paling konsisten selama bertahun-tahun adalah Spanyol dan kami, Jerman,” ucap Basti dalam wawancara yang dimuat Augsburger Allgemeine Zeitung.

Impian itu jelas bukan kemustahilan. Berdasarkan pengundian dan jadwal yang telah dirilis, Jerman dan Belanda yang tergabung dalam satu grup dipastikan hanya bisa kembali bertemu di partai puncak andai sama-sama lolos dari penyisihan grup.

Sudah barang tentu, Basti berharap Jerman yang nantinya akan menggondol trofi Henry Delaunay. Dia yakin Der Panzer cukup kuat untuk mengalahkan setiap lawan, tak terkecuali juara bertahan Spanyol.

“Spanyol sangat bagus. Mereka punya permainan apik dan variasi taktik yang juga bagus. Lalu, dengan Puyol, Xavi, dan Iniesta, mereka punya keunggulan dalam hal pengalaman. Itu membuat mereka lebih unggul. Perlu hari baik untuk mengalahkan Spanyol. Tapi kami saat ini mampu melakukan hal itu. Kami sudah mendekati kualitas Spanyol walaupun masih ada beberapa yang perlu diperbaiki,” terang Basti lagi.

Secara spesifik, Basti yang tampil pertama kali di Piala Eropa pada 2004 menunjuk variasi taktik sebagai hal yang perlu dibenahi. Menurut dia, itulah yang tak disiapkan saat mereka bersiap menuju Piala Dunia 2010. Selain itu, Basti juga menilai Jerman belum cukup cepat dalam melakukan serangan. Padahal, seperti ditegaskan pelatih Joachim Löw, gaya main Jerman adalah kombinasi penguasaan bola dan serangan yang cepat. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: