Neuer Buruk untuk Kiper Lain

28 Dec
Manuel Neuer

Performa apik dan stabil dikhawatirkan bakal menutup kesempatan para kiper muda macam Marc-André ter Stegen dan Bernd Leno untuk menembus timnas Jerman. (Foto: http://www.torwart.de)

TAK BISA DIMUNGKIRI, Manuel Neuer saat ini termasuk salah satu kiper terbaik di dunia. Performa apik selama membela timnas Jerman dan FC Bayern München menunjukkan hal itu. Sudah barang tentu, itu adalah modal tersendiri bagi Jerman dalam memburu pelbagai trofi bergengsi yang terakhir kali diraih pada 1996 di Inggris.

Akan tetapi, di balik performa apik itu, Neuer juga ditengarai bisa berpengaruh negatif terhadap keberadaan kiper-kiper lain. Hal itu diungkapkan eks kiper timnas Jerman, Jens Lehmann, kepada Sport Bild. “Dia bisa saja menutup satu generasi. Hingga delapan atau sepuluh tahun, dalam keadaan normal, tak akan ada yang mampu keluar dari bayang-bayangnya,” ulas eks kiper Arsenal itu.

Pria berumur 41 tahun yang juga pernah mengawal gawang FC Schalke 04, Borussia Dortmund, AC milan, dan VfB Stuttgart itu lantas menjelaskan, “Di Bayern, dia sudah membuktikan kapasitasnya sebagai kiper nomor satu. Dia tampil apik dan reatif stabil.”

Secara tidak langsung, ucapan Lehmann itu seperti peringatan dini bagi para kiper muda yang terus bermunculan belakangan ini. Terutama Marc-André ter Stegen, Bernd Leno, Sven Ulreich, Kevin Trapp, dan Ron-Robert Zieler. Mereka harus berusaha lebih keras bila ingin menggeser Neuer pada beberapa tahun mendatang.

Lehmann pribadi tak ubahnya contoh nyata dari kasus serupa. Maklum, meski sempat menjulang dengan membawa Schalke merebut Piala UEFA pada 1997, dia harus terus menjadi bayang-bayang Oliver Kahn yang sejak 2000 menjadi kiper utama Der Panzer. Bukan hanya Lehmann yang menjadi korban geliat Kahn, Stefan Klos pun demikian. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: