Asa Baru Ronny

3 Jan
Ronny

Kedatangan Michael Skibbe membuka peluang Ronny untuk kembali unjuk gigi. (Foto: http://www.bz-berlin.de)

PERGANTIAN PELATIH selalu membawa harapan baru bagi para pemain yang sempat terpinggirkan. Bek Hertha BSC Berlin, Ronny, merasakan hal itu ketika Markus Babbel digantikan Michael Skibbe. Pemain asal Brasil yang sempat disortir dan tak masuk tim utama pada era Babbel itu dipastikan bisa berharap banyak.

Indikasinya sangat jelas. Skibbe sampai meminta eks anak buahnya di Eskisehirspor, Dede, untuk menjelaskan secara langsung via telepon kepada Ronny dan Raffael soal kepemimpinan Skibbe. Secara khusus, soal Ronny, Skibbe mengatakan kepada Bild, “Ronny belakangan telah memperlihatkan kemampuannya. Dia akan mendapatkan kesempatan dari saya.”

Skibbe yakin bisa mengoptimalkan kemampuan Ronny dan para pemain Amerika Selatan lainnya. “Saya suka bekerja sama dengan orang-orang Amerika Selatan. Saya telah melatih banyak pemain Brasil dan sering pula memantau para pemain muda dari sana. Saya tahu persis mentalitas mereka. Saya juga bisa berbicara dalam bahasa Portugis dan Spanyol,” urai dia.

Lebih lanjut, eks asisten Rudi Völler saat menukangi timnas Jerman itu mengajukan beberapa contoh pengalaman masa lalunya. “Lincoln, Chris, Dede, Caio adalah beberapa contoh pemain yang pernah saya tangani. Orang bilang saya bisa bekerja sama apik dengan para pemain Amerika Selatan,” ujar Skibbe kepada BZ Berlin.

Karena memahami karakteristik dan mentalitas para pemain Amerika Selatan dengan baik, tak jarang Skibbe memberikan perlakuan khusus. Contohnya saat dia menukangi Bayer Leverkusen. Seperti diungkapkan kepada BZ Berlin, Skibbe mengaku memberikan waktu pulang kampung sebulan sekali kepada Arturo Vidal. Pasalnya, dia menilai Vidal tak bisa menikmati waktu libur mingguan seperti para pemain lain yang tak terpisah jauh dari keluarganya.

Kebijakan serupa bisa jadi bakal dirasakan Ronny. Apalagi Skibbe akan tetap didampingi Edwin Bokamp sebagai asisten. Selasa (3/1), dia menandatangani kontrak hingga 2014. Sebagai sosok yang lama mendampingi Skibbe, Bokamp tentu juga mengerti cara Skibbe menangani para pemain Amerika Selatan. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: