Hoeneß Pernah Sekali Intervensi

5 Jan
Uli Hoeness

Sepanjang kariernya sebagai manajer, Uli Hoeneß mengaku hanya sekali berbicara di ruang ganti pemain saat jeda pertandingan. (Foto: sport.tvmovie.de)

TIGA PULUH TAHUN menjabat manajer dan selalu ikut ke kamar ganti pemain saat jeda pertandingan ternyata tak menggoda Uli Hoeneß yang sekarang menjadi Presiden FC Bayern München untuk mencampuri urusan pelatih. Dia ruang ganti, dia biasanya menutup mulut. Dari Pal Csernai hingga Louis van Gaal, dia mengaku hanya sekali melakukan intervensi. Itu pun karena alasan tertentu.

“Saya melakukan itu ketika merasa kasihan kepada Giovanni Trapattoni. Pada laga menghadapi Dynamo Kyiv, kami bermain buruk. Lalu, Giovanni berusaha menjelaskan sesuatu dengan bahasa Jerman yang buruk pada saat itu. Saya merasa para pemain tak mengerti sama sekali. Jadilah saya yang berbicara,” aku Hoeneß dalam wawancara dengan Bild jelang ulang tahun ke-60-nya. “Itulah kali pertama dan terakhir saya melakuan hal tersebut. Selebihnya, saya selalu hanya berada di pojokan dan diam.”

Kini, sebagai presiden klub, jarak Hoeneß dengan tim dan pelatih kian jauh. Saat laga, dia tak lagi berada di pinggir lapangan, tapi di tribun utama. Hoeneß mengaku ada perbedaan yang lumayan mencolok, terutama dalam hal emosi saat menonton pertandingan.

“Di tribun, saya tak lagi berkeringat. Saat duduk di bangku cadangan, seluruh adrenalin ikut terpacu. Itu pula yang membuat baju saya sampai basah oleh keringat,” terang pria yang menggantikan Franz Beckenbauer sebagai presiden pada 2009 itu.

Satu hal positifnya, menurut Hoeneß, perubahan jabatan membuat dia bisa beramal lebih besar. Sejak menjabat presiden klub, kata dia, donasi yang diberikan untuk kepentingan amal bisa melebihi tujuh digit angka alias jutaan euro. (Sepp Ginz)

Leave a Reply

