Favre Dihantui Dejá Vu

6 Jan
Roman Neustaedter and Marco Reus

Kepastian Roman Neustädter dan Marco Reus hengkang pada akhir musim membuat pelatih Lucien Favre dibayang-bayangi pengalaman buruk. (Foto: http://www.focus.de)

JELANG PARUH KEDUA, Lucien Favre tiba-tiba saja disergap ketakutan mahadahsyat. Situasi yang berkembang belakangan ini di Borussia Park adalah sebabnya. Bayang-bayang terulangnya pengalaman buruk bersama Hertha BSC Berlin pada musim 2009-10 kian tegas di pelupuk matanya.

Sudah bisa diterka, penyebabnya adalah kepastian Marco Reus dan Roman Neustädter hengkang pada akhir musim nanti. Reus dipastikan pindah ke Borussia Dortmund dengan tebusan 17,5 juta euro, sedangkan Neustädter pergi ke FC Schalke 04 secara gratis. Belum lagi ketidakpastian perpanjangan kontrak Juan Arango.

Situasi itu persis seperti akhir musim 2008-09. Saat itu, Favre yang membawa Hertha ke peringkat keempat harus merelakan Marko Pantelic, Josip Šimunić, dan Andriy Voronin pergi. Hasilnya, hanya dalam tujuh pekan, dia dipecat manajemen Die Alte Dame. Nah, dengan prestasi Gladbach sejauh ini, kondisinya benar-benar mirip.

“Tentu saja saya menghormati putusan mereka, tapi saya juga tak bisa menyembunyikan kekecewaan,” kata Favre seperti dikutip Sport1. “Ini tentu tak akan mudah. Akan sangat sulit, atau bahkan tak mungkin, menggantikan keduanya.”

Untungnya, Direktur Olahraga Max Eberl langsung memberikan pernyataan yang menenangkan. “Tim ini tak akan berantakan hanya karena seorang pemain meninggalkan kami. Kehidupan harus terus bergulir,” kata dia.

Lebih jauh, Eberl menyebut kepergian pemain bintang dari Borussia Park bukanlah sesuatu yang aneh. Bahkan, menurut dia, pada zaman keemasan pun Gladbach bukanlah klub yang berada dalam posisi yang bisa menahan bintangnya. Dia memberikan contoh Günter Netzer yang hengkang ke Real Madrid pada 1973, Allan Simonsen yang pindah ke Barcelona pada 1979, dan Lothar Matthäus yang dicomot FC Bayern München pada 1984. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: