Pabrik Kiper Hebat Jerman

10 Jan
Sven Ulreich

Lesatan Sven Ulreich musim ini tak terlepas dari keandalan pelatih Andreas Menger dan keseriusan VfB Stuttgart dalam mendidik para kipernya. (Foto: http://www.torwart.de)

BERBICARA SOAL KIPER, hal pertama yang terbersit ketika membahas klub yang terbilang andal menelurkannya adalah 1.FC Kaiserslautern. Maklum, klub ini memiliki Gerald Ehrmann yang punya metode latihan khas dan sanggup membentuk kiper-kiper tangguh. Sebut saja Tim Wiese, Roman Weidenfeller, Florian Fromlowitz, Tobias Sippel, dan Kevin Trapp.

Akan tetapi, jika ditelaah lebih jauh, predikat yang disandang Die Roten Teufel sepertinya sudah berpindah. Soalnya, belakangan ini, VfB Stuttgart menunjukkan produktivitas nyata dalam mengorbitkan kiper-kiper berkelas. Sven Ulreich, kiper utama mereka, hingga kini tercatat sebagai kiper terbaik di Bundesliga 1. Lalu, ada Bernd Leno, kiper yang dipinjamkan dan lantas dibeli Bayer Leverkusen. Kiper ini diakui sebagai salah satu fenomena terbaik paruh musim pertama.

Menariknya, di timnas Junir Jerman, kiper-kiper Stuttgart juga berjaya. Di timnas U-16 ada Janik Schilder, sementara di timnas U-17 ada Kenan Mujezinovic. Lalu, di timnas U-18 ada Carl Klaus, sedangkan di timnas U-19 kini ada Odisseas Vlachodimos yang pada musim panas lalu memukau di Piala Dunia U-17. Di tim reserve Stuttgart sendiri masih ada dua kiper berbakat, Andre Weis dan Jonas Wieszt.

Keberadaan kiper-kiper bertalenta apik itu tak terlepas dari kiprah Andreas Menger, sang pelatih kiper. Pria yang pernah membela 1.FC Köln dan MSV Duisburg ini bahkan disebut sebagai pelatih kiper terbaik oleh kiper legendaris Jerman, Sepp Maier. Ulreich adalah bukti keandalan Menger dalam memoles anak didiknya.

Ulreich diangkut Stuttgart saat berumur 10 tahun. Setiap kali usai berlatih, Ulreich dan Menger selalu berdiskusi untuk menemukan hal-hal baru dalam mengawal gawang. Ulreich pun mendapatkan latihan khusus menyangkut kelenturan tubuh. Dua kali dalam sepekan, dia selalu ikut berlatih dengan para pesenam yang berlatih di MTV Stuttgart. Di sana, dia berkesempatan mendapat latihan dan tips dari Klaus Nigl, eks pesenam kenamaan Jerman.

“Semua latihan senam itu meningkatkan kecepatan dan keeksplosifan,” kata Ulreich kepada Spox.com. Hasilnya, “Aku merasakan gerakan tubuh yang benar-benar berbeda, merasa lebih hidup dan enteng saat melompat.”

Bukan hanya itu. Stuttgart juga sejak dini mengurusi masalah mental dengan sangat apik. Secara regular, Ulreich dan rekan-rekannya selalu berkonsultasi dengan psikolog olahraga Angelika Bruna. Di sana, mereka belajar tentang teknik-teknik relaksasi, koordinasi, dan kewaspadaan. “Sebelum laga, aku kini sudah mulai membayangkan suasana di lapangan. Hasilnya, aku bisa mengantisipasi apa pun yang terjadi secara positif,” terang Ulreich lagi. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: