Mayoritas Fans Tolak Petasan

11 Jan

PETASAN DAN KEMBANG API adalah bagian dari budaya fans. Itulah dalih yang disuarakan beberapa fans club di Jerman saat Deutscher Fussball Bund (DFB) dan Deutscher Fussball Liga (DFL) merencanakan pelarangan terhadap petasan dan kembang api yang kerap dinyalakan di stadion-stadion, tak terkecuali di Bundesliga 1. Atas dalih itu, ada sebagian fans club yang mengusulkan adanya blok khusus di stadion untuk menjadi tempat penyalaan kembang api dan petasan.

Menariknya, berdasarkan hasil riset DFL terhadap 2.000 orang, klaim petasan dan kembang api sebagai budaya fans sepertinya bisa diperdebatkan. Pasalnya, 84,4 persen responden menyatakan menentang petasan dan kembang api di stadion. Bahkan, 79,5 persen responden dengan tegas mendukung adanya tindakan tegas dan hukuman berat bagi oknum-oknum yang menyalakan petasan dan kembang api saat pertandingan berlangsung.

Dalam pandangan Managing Director DFL Holger Hieronymus, hasil penelitian yang dilakukan tsn-infratest pada Desember 2011 itu menunjukkan dukungan terhadap sikap DFB dan DFL selama ini. “Ini membuktikan, tak seperti yang sering diklaim, penggunaan petasan yang membahayakan bukanlah bagian dari budaya fans,” kata dia seperti dikutip Kölner Express.

Sementara itu, Hendrik Große Lefert dari departemen keamanan DFB menyatakan itu sebagai kemenangan besar. “Penggunaan petasan di stadion tidak selaras dengan standar keselamatan yang diterapkan. Jika 84 persen penikmat sepak bola Jerman menolak hal itu (petasan), ini adalah jawaban yang sangat jelas dan kemenangan mutlak,” papar dia.

Patut ditunggu apakah hasil riset itu akan dijadikan dasar oleh DFB dan DFL untuk membuat peraturan tegas yang melarang penonton membawa petasan ke dalam stadion. Dari pihak klub-klub sendiri, mereka sepertinya bakal mendukung langkah tegas yang diambil. Bukan apa-apa, setiap kali fans berulah, merekalah yang terkena getah dengan harus membayar denda hingga ribuan euro. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: