Pembelaan untuk Hoffenheim

11 Jan

KONTROVERSI SOAL TRANSFER PEMAIN BELIA sepertinya akan terus bergulir. Walaupun sempat TSG 1899 Hoffenheim dihujat banyak pihak karena mencomot Nico Franke (13 th) dari Tennis Borussia Berlin, tren itu justru berlanjut. Pelatih VfL Wolfsburg, Felix Magath, dikabarkan telah merekrut Alexander Laukart (13 th) dari St. Pauli.

Joachim Philipkowski, Koordinator Sektor Junior St. Pauli, bisa memaklumi perpindahan itu. Namun, dia memberikan satu catatan. “Dibandingkan dengan di sana (Wolfsburg), infrastruktur dan kondisi kami jelas lebih buruk,” kata dia seperti dikutip Bild. “Alexander termasuk lima pemain kelahiran 1998 terbaik di Hamburg. Kami harus menerima perpindahannya. Tapi, dalam pandangan saya, dia tak akan 100 persen efisien di Wolfsburg. Dia terjauh dari lingkungan keluarganya. Saya kira, mengingat umurnya, langkah ini tidaklah tepat.”

Menanggapi hal itu, Waldemar, ayah Alexander, mengaku tak terlalu khawatir. Menurut dia, simpel saja urusannya. “Ini bukan masalah uang. Hal terpenting adalah dia menikmati permainannya. Oleh karena itu, jika gagal, dia akan kembali,” jelas dia kepada Hamburger Abendblatt.

Satu hal menarik, beberapa tokoh ternama di sepak bola Jerman justru menunjukkan dukungan atas tren tersebut. “Saat ini, kita dituntut untuk agresif. Kalau tidak, kita tak akan mendapatkan pemain,” ucap Klaus Allofs, Direktur Olahraga SV Werder Bremen. Sementara pelatih Borussia Dortmund, Jürgen Klopp, berujar, ”
Saya kira pelarangan terhadap transfer pemain muda adalah sesuatu yang tak masuk akal.”

Itu selaras dengan pernyataan Manajer Hoffenheim Ernst Tanner. “Kami berada di sebuah kompetisi dan hanya melakukan sesuatu yang juga dilakukan para kompetitor dan semua pihak di negeri ini,” kata dia.

Dalam sejarah, perekrutan pemain yang masih tergolong anak-anak sudah lama terjadi. Bahkan, Lionel Messi yang baru saja meraih
FIFA Ballon d’Or
untuk kali ketiga pindah dari Argentina ke Barcelona saat berumur 13 tahun. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: