Tasci Targetkan Piala Eropa

14 Jan
Serdar Tasci

Dipercaya menjadi kapten VfB Stuttgart membuat Serdar Tasci kian bersemangat mengejar tempat di timnas Jerman ke Piala Eropa 2012. (Foto: http://www.ligtv.com.tr)

MENJADI PEMIMPIN adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Itu pula yang dirasakan Serdar Tasci yang baru-baru ini resmi ditunjuk sebagai kapten anyar VfB Stuttgart. Oleh pelatih Bruno Labbadia, bek tengah berdarah Turki itu dipercaya menggantikan Mathieu Delpierre yang musim ini jarang tampil karena cedera. Sebagai bukti kebanggaan itu, Tasci langsung memberitahukan penunjukan itu kepada orang tuanya.

Bagi Tasci, ban kapten merupakan buah dari performa dan perjuangannya sepanjang paruh pertama musim ini. “Pertama, ini membuktikan kepercayaan pelatih yang begitu besar kepadaku. Setelah era Armin Veh, kepercayaan itu tak pernah lagi besar. Semua orang tahu hubunganku dengan Christian Gross tidak harmonis,” urai dia kepada Bild. “Kedua, ini juga berkaitan dengan kebugaran fisikku.”

Guna meraih kepercayaan itu, perjuangan Tasci terbilang berat. Dia secara khusus mengubah program diet dan melakukan tes tertentu. Hasilnya, dia mengetahui alergi yang dimiliki sehingga bisa menjauhkan diri dari makanan-makanan yang bisa mengakibatkan alergi.

Kini, setelah mendapatkan kepercayaan Labbadia, Tasci punya target lain. Itu adalah menaklukkan hati Joachim Löw, pelatih timnas Jerman. Maklum, dia sudah sangat lama tak memperkuat Der Panzer. Partai terakhirnya adalah saat Jerman bermain imbang 2-2 melawan Denmark pada 11 Agustus 2010. Itu pun karena Löw sengaja mengistirahatkan para pemain yang sering dimainkan saat Piala Dunia 2010.

“Penunjukan sebagai kapten adalah langkah berikutnya dalam karierku. Aku tentu saja berharap bisa terus menapaki perkembangan selanjutnya sehingga mampu masuk ke tim untuk Piala Eropa,” papar dia.

Tentu saja itu tak akan mudah. Performa apik saja tak cukup karena musim lalu pun penampilannya tak kalah dengan para bek tengah lain macam Holger Badstuber, Per Mertesacker, dan Mats Hummels. Namun, buktinya, Löw tetap tak mau memakainya lagi. Dia perlu menunjukkan sesuatu yang spesial untuk mampu meluluhkan hati Löw dan mengungguli para bek tengah lain. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: