Jansen Dukung Protes Fans

19 Jan

RENCANA PROTES sebagian fans Borussia Dortmund saat laga versus Hamburger SV pada Minggu (22/1) dipahami betul oleh Marcell Jansen. Sayap kiri Hamburg itu menilai protes tersebut sebagai sesuatu yang wajar.

“Aku bisa mengerti,” ungkap eks penggawa Borussia Mönchengladbach dan FC Bayern München itu kepada Hamburger Morgenpost. “Ini adalah pesan yang sangat jelas dari fans yang harus ditanggapi secara serius. Sepak bola memang tak boleh terlalu mahal.”

Lebih jauh, pemain berumur 26 tahun itu mengatakan, para fans memang harus menggelontorkan uang lebih besar belakangan ini. Padahal, kata dia, fans adalah sesuatu yang vital untuk menghidupkan emosi. Jika mereka tak lagi punya uang, tentu saja kondisinya akan sangat kritis.

Ucapan Jansen memang benar. Secara kasat mata bisa terlihat bahwa fans pada masa sepak bola modern sekarang ini tak ubahnya sapi perah. Selain harga tiket yang kian membubung, harga jersey klub juga demikian. Ironisnya, klub malah berganti jersey setiap musim. Tak tanggung, tanggung, mereka pun mengeluarkan tiga jersey berbeda untuk laga kandang, tandang, dan laga lain. Secara otomatis, pos pengeluaran seorang fans jadi lebih banyak.

Jansen sendiri dikenal sebagai sosok yang cukup vokal dalam mendukung para fans. November tahun lalu, dia pun secara lantang menyuarakan dukungan atas keberadaan petasan dan kembang api di stadion. Dia mendukung proposal yang menginginkan petasan tetap ada namun dengan pengawasan lebih ketat. “Jika hanya boleh membawa scarf ke dalam stadion, tentu akan sangat membosankan,” kata dia. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: